Kunjungi pelaku UMKM, Danrem yakin perekonomian rakyat semakin optimal

id Danrem 102 Panju Panjung, Provinsi Kalimantan Tengah, Kalteng, Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, UMKM, Pelaku UMKM

Kunjungi pelaku UMKM, Danrem yakin perekonomian rakyat semakin optimal

Tangkapan layar Danrem 102/Panju Panjung Brigjen TNI Yudianto Putrajaya didampingi Unan Widawan saat mengunjungi peternakan Desa Rawung, Selasa (16/11/2021,10.20 WIB). ANTARA/Youtube/Korem 102 Panju Panjung BERKAH/Fernando

Palangka Raya (ANTARA) - Komandan Korem 102 Panju Panjung, Provinsi Kalimantan Tengah, Brigjen TNI Yudianto Putrajaya meyakini Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting bagi perkembangan laju ekonomi masyarakat Kalteng pada umumnya dan Palangka Raya khususnya. 

"Semoga nantinya diharapkan UMKM ini bisa menghidupkan perekonomian rakyat di wilayah Kalteng," kata Putrajaya di Palangka Raya, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan Jenderal bintang satu itu ketika mengunjungi salah satu penggiat UMKM, peternakan Desa Rawung yang berlokasi di jalan Harawung 4 Km. 30 Tangkiling Kota Palangka Raya seperti yang terlihat dalam tayangan Youtube-nya.

Putrajaya menyampaikan sektor peternakan mempunyai sifat strategis sebagai motor penggerak pembangunan khususnya di wilayah pedesaan karena sifatnya sebagai penyedia lapangan kerja bagi masyarakat setempat dan juga sumber pendapatan rumah tangga.

Menurutnya peningkatan sektor perekonomian di Kalteng ditengah Pandemi COVID-19 berangsur-angsur mengalami peningkatan. Salah satu faktor utamanya adalah eksistensi pelaku UMKM yang semakin menjamur.

Putrajaya berharap masyarakat yang lain bisa bangkit semangat dan motivasinya untuk meningkatkan perekonomian keluarganya dengan mengikuti jejak mereka yang telah sukses sebagai penggiat UMKM.

Hal tersebut sangat positif di tengah kondisi saat ini. Oleh karena itu, dirinya juga mengimbau kepada pemerintah daerah (Pemda) supaya dapat mengoptimalkan pemberdayaan UMKM, khususnya di Kalteng.

"Semoga niat baik ini kita gelorakan kepada masyarakat dengan semangat Panju Panjung BERKAH (bermartabat, elok, religius, kuat, amanah, dan harmonis)," ucapnya.

Baca juga: Danrem 102/Pjg perintahkan anggotanya bantu korban banjir

Unan Widawan pemilik peternakan Desa Rawung mengajak semua masyarakat untuk memanfaatkan lahan-lahan kosong atau tidur di sekitarnya untuk beternak berbagai jenis hewan terutama kambing dan sapi.

Unan bersedia membagikan ilmu dan pengalaman dalam beternak hewan sapi dan kambing yang telah digelutinya bertahun-tahun. Dia mengatakan jika benar-benar ditekuni, UMKM mampu meningkatkan pendapatan bagi keluarga dan menambah kesejahteraan masyarakat di Kalteng dan Palangka Raya khususnya.

"Terima kasih kepada Danrem Brigjen TNI Yudianto Putrajaya yang telah melihat langsung peternakan kami sebagai bentuk dukungan terhadap kemajuan UMKM," demikian Unan.

Baca juga: Danrem 102 Pjg ajak masyarakat Kalteng sukeskan program Food Estate

Baca juga: Danrem 102/Pjg ingatkan jajarannya utamakan rakyat