KPP DPRD Barsel: Perempuan harus miliki daya saing kuat

id Ketua KPP DPRD Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Ensilawatika Wijaya DPRD Barsel, Barsel, DPRD Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito S

KPP DPRD Barsel: Perempuan harus miliki daya saing kuat

Ketua KPP DPRD Barito Selatan Ensilawatika Wijaya saat diwawancarai di Buntok, Senin (10/1). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Ketua Kaukus Perempuan Parlemen DPRD Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Ensilawatika Wijaya menyatakan bahwa seluruh kaum perempuan di mana pun berada, harus memiliki daya saing yang kuat.

"Perempuan harus memiliki daya saing yang kuat dan mental baja sebagai modal menghadapi persaingan dalam bentuk apapun," kata Ensilawatika Buntok Senin, 10 Januari 2022.

Menurut dia, dengan bekal mental baja yang dimiliki oleh perempuan tersebut menjadikan perempuan berdaya terutama pada lingkungan sekitar terlebih dilingkungan keluarganya. Hal itu mengingat peran perempuan sebenarnya sangat sentral dalam semua lini kehidupan. Bahkan kesuksesan seorang laki-laki tidak lepas dari peran perempuan.

Untuk itu, Ensilawatika Wijaya meminta perempuan supaya lebih berdaya karena dari peran perempuan akan lahir sosok-sosok yang kuat, berbudi pekerti luhur, serta mampu membuat anak-anak mengerti tentang tata krama.

Perempuan juga, lanjut dia, harus bisa memanfaatkan peluang dengan mampu berorganisasi dan menjadi seorang pemimpin. Kedepannya diharapkan harus ada kebijakan supaya membuka kesempatan untuk meningkatkan pendidikan, keterampilan, serta keahlian diri dari seorang perempuan.

"Perempuan merupakan guru pertama bagi anak-anak dalam mengajarkan adab, sopan santun dan budaya dan perempuan harus memiliki bekal untuk itu semua, baik berperan sebagai guru, pemimpin dalam organisasi dan mitra suami di dalam keluarga," terang Ensilawatika Wijaya yang juga ketua Komisi II DPRD Barito Selatan itu.

Baca juga: DPRD Barsel imbau orangtua proaktif daftarkan anaknya untuk divaksinasi

Disamping itu, dia juga meminta kepada kaum perempuan supaya tidak alergi dengan politik, sebab politik sesungguhnya merupakan sarana dalam mencapai tatanan masyarakat yang baik dan berkeadilan.

"Melalui jabatan politik itulah, akan mampu sebagai alat untuk menghasilkan kebijakan yang memihak kepada kepentingan masyarakat," demikian kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan itu.

Baca juga: Anggota DPRD Kalteng minta jalan Buntok-Kalahien diperbaiki