KNPI Kalteng laporkan Edy Mulyadi ke Polda

id Knpi kalteng, muhammad alfian mawardi, edy mulyadi, hina kalimantan, polda kalteng, jin buang anak, kalteng, kaltim, ikn, ibu kota negara

KNPI Kalteng laporkan Edy Mulyadi ke Polda

Ketua DPD KNPI Kalteng Muhammad Alfian Mawardi bersama pengurus lainnya melaporkan Edy Mulyadi ke Polda Kalteng, Senin, (24/1/2022). (ANTARA/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Provinsi Kalimantan Tengah melaporkan Edy Mulyadi ke Polda setempat atas dugaan penghinaan terhadap masyarakat yang ada di Kalimantan.

Ketua KNPI Kalteng Muhammad Alfian Mawardi di Palangka Raya, Senin, mengatakan, pelaporan terhadap Edy Mulyadi dan kawan-kawan bertujuan memberikan efek jera karena yang bersangkutan sudah melecehkan masyarakat Pulau Kalimantan.

"Meskipun yang bersangkutan meminta maaf, tentunya kami maafkan tetapi tindakan yang dilakukannya itu harus tetap diproses hukum," ucap Alfian Mawardi didampingi pengurus lainnya.

Dia menuturkan, dirinya sangat tersinggung dengan adanya pernyataan Edy Mulyadi dan kawan-kawan yang viral di media sosial yang menyebut tempat pembuangan jin, genderuwo serta rekan-rekannya masyarakat setempat adalah monyet.

Pihaknya selaku pemuda di tanah Kalimantan terkhusus di Kalteng tersinggung. Maka atas perbuatan tersebut yang bersangkutan harus ditindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku.

"Apa yang kami lakukan saat ini agar yang membuat pernyataan ini jera dan jangan sembarangan menghina daerah orang lain. Apalagi di daerah kami ini banyak suku, ras dan agama yang tinggal di Kalimantan hidup rukun serta tenteram tidak ada kegaduhan," katanya.

Baca juga: ANBB Bartim minta Kapolri segera proses hukum Edy Mulyadi

Baca juga: Wabup Gumas ingin kasus Edy Mulyadi jadi pembelajaran bagi seluruh pihak


Orang nomor satu di DPD KNPI Kalteng itu juga mengatakan, selain sangat tersinggung pihaknya juga menyampaikan pernyataan sikap yang dirangkum menjadi empat poin.

Pertama Meminta aparat penegak hukum menindak dan mengambil sikap tegas dan mengusut tuntas pernyataan Edy Mulyadi beserta rekannya yang sangat melukai perasaan seluruh masyarakat yang ada di Kalimantan.

Kedua, DPD KNPI mendesak segera menangkap Edy Mulyadi serta rekan-rekannya dan dibawa ke tanah Kalimantan untuk diproses secara hukum karena menyinggung perasaan masyarakat Kalimantan.

Ketiga, meminta Edy Mulyadi beserta rekan untuk segera memberikan pernyataan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Kalimantan, dan bersedia menghadapi serta menjalani proses hukum positif yang berlangsung dan juga hukum adat di Kalimantan.

"Terakhir kami mengimbau seluruh masyarakat Kalimantan terkhusus Kalimantan Tengah, untuk bersikap sabar serta tidak terpancing emosi serta mendukung aparat memproses permasalahan ini agar segera terselesaikan dengan tuntas," tegasnya.

Baca juga: Anggota DPR Dapil Kalteng sayangkan ocehan Edy Mulyadi

Baca juga: Ormas Dayak di Kalteng minta Edy Mulyadi dituntut secara hukum

Baca juga: DPRD Gunung Mas kecam ocehan Edy Mulyadi