Teras Narang bagi konsep kepemimpinan ala Humabetang ke mahasiswa UKI

id Anggota DPD RI, Agustin Teras Narang, DPD RI, Teras Narang, UKI Jakarta, Universitas Kristen Indonesia Jakarta, Teras Narang dosen di UKI, Teras Naran

Teras Narang bagi konsep kepemimpinan ala Humabetang ke mahasiswa UKI

Anggota DPD RI Agustin Teras Narang saat menjadi narasumber Leadership Lecture Series 2022 di Fakultas Hukum UKI Jakarta, Rabu (2/3/2022). ANTARA/HO-Tim Teras Narang.

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPD RI Agustin Teras Narang berbagi pengalaman dan konsep kepemimpinan ala Humabetang, yang pernah dilakukan dirinya saat dipercaya menjadi Gubernur Kalimantan Tengah periode 2005-2015, kepada civitas akademika Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta.

Semangat humabetang atau rumah besar adalah upaya mendorong terciptanya kebersamaan rakyat di Kalteng, kata Teras Narang saat Leadership Lecture Series 2022 yang digelar Fakultas Hukum UKI kerjasama dengan Wakil Rektor UKI bidang Sumber Daya Manusia dan Kerja Sama melalui rilis diterima di Palangka Raya, Rabu.

"Ini penting, agar lewat kebersamaan, upaya mengatasi beragam masalah daerah dapat diatasi.
 Itulah kenapa saya mencetuskan konsep kepemimpinan ala Humabetang. Konsep ini memiliki ciri humanis, maju, berani jujur dan bertanggungjawab," ucap dia.

Dikatakan, humanis yang menjadi ciri kepemimpinan Humabetang, diartikan sebagai pentingnya fokus pada pengembangan dan kesejahteraan sumber daya manusia dalam semangat kebersamaan. Ciri maju diartikan adanya kesungguhan dan komitmen membawa orang lain serta lingkungan untuk berkolaborasi menuju kemajuan bagi seluruh pemangku kepentingan.

Ciri berani Jujur berarti memiliki keberanian dalam menjaga serta mengembangkan integritas dalam pekerjaaan. Dan ciri tanggung jawab, diartikan sebagai sikap memiliki tanggung jawab terhadap peran yang diamanatkan.

"Berbagai ciri Kepemimpinan ala Humabetang itu, juga terinspirasi dari 10 karakter servant-leadership yang diungkap oleh Larry Spears," beber Teras Narang.

Baca juga: Cari terobosan terkait izin pertambangan rakyat, kata Teras Narang

Dosen terbang di beberapa perguruan tinggi swasta di Jakarta ini menyebut, Larry Spears merupakan pemimpin Larry C Spears Center for Servant-Leadership, Inc. sebuah lembaga yang fokus pada pengembangan konsep kepemimpinan yang melayani.

Dia mengatakan, dalam pandangan Larry, ciri kepemimpinan yang melayani yakni, mendengarkan, berempati, memulihkan, membawa kesadaran, persuasif, konseptualisasi, visioner, penata layanan, berkomitmen pada pengembangan orang lain, dan membangun komunitas.

"Jadi, nilai dari UKI 'melayani, bukan dilayani' adalah bagian dari sikap tindak kita. Itu menjadi pedoman bagi saya dalam menjalankan kepemimpinan," kata Teras Narang dalam sesi bertajuk 'Merajut Kepemimpinan di Tahun Kolaborasi Menuju UKI Unggul' tersebut.

Baca juga: Teras Narang: Kondisi jalan ke Kecamatan Pasak Talawang rusak parah

Baca juga: Teras Narang yakin SDM Kalimantan mampu berkontribusi di pembangunan IKN

Baca juga: Teras Narang: Daerah jadi korban perbedaan kebijakan Kemen LHK dan ATR