DPRD minta DPMDes Seruyan turut membantu pelaksanaan program desa

id Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, M Aswin, DPRD Kabupaten Seruyan, DPRD Seruyan, Kabupaten Seruyan, Seruyan, Kalteng

DPRD minta DPMDes Seruyan turut membantu pelaksanaan program desa

Wakil Ketua II DPRD Seruyan M Aswin di Kuala Pembuang, ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, M Aswin mendorong sekaligus meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) setempat, agar membantu mengembangkan setiap program yang ada di Pemerintahan Desa (Pemdes).

Pemberian bantuan itu bertujuan agar program-program yang ada di setiap desa bisa dijalankan  secara baik dan tepat sasaran serta bermanfaat bagi masyarakat setempat, kata  Aswin di Kuala Pembuang, Jumat.

"Kan sudah kewajiban BPMDes mengakomodir segala sesuatu berkaitan dengan desa. Pemdes kan juga membutuhkan bimbingan dalam menjalankan setiap program yang diagendakan," tambah dia.

Menurut Legislator Seruyan itu, tiap Pemdes yang ada di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring, program yang dijalankan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan  berfokus pada pengembangan perekonomian, karena  pengembangan ekonomi sangat penting dilakukan.

"Ini juga harapan kami dan harapan masyarakat banyak, Pemdes harus bisa memaksimalkan perannya untuk memulihkan perekonomian guna menyejahterakan masyarakat," kata Aswin.

Selain itu, peran Kepala Desa (Kades) juga sangat penting dalam hal ini, karena sebagai pemimpin di desa tentu harus bisa inovatif dan kreatif melihat potensi-potensi yang dimiliki desanya, sehingga bisa dikelola dengan optimal dan dapat meningkatkan pendapatan asli desa (PADes).

Politisi Partai Nasdem itu menambahkan bahwa, Kades juga harus lebih intens dalam menjalankan koordinasi dan komunikasi kepada Pemkab Seruyan dan juga pihak lain seperti investor baik dari segi pelayanan serta pembangunan yang diagendakan.

"Koordinasi juga sangat penting, tidak usah malu untuk bertanya, karena tujuan kita baik yakni untuk memajukan desa dan masyarakat setempat, sehingga apabila ada kendala yang dialami tanyakan saja kepada pihak terkait agar bisa dicari jalan keluarnya," demikian Aswin.

Baca juga: Legislator Seruyan minta ILPPD disampaikan kepada masyarakat

Baca juga: Seruyan perlu tambahan pembangkit listrik mikrohidro

Baca juga: DPRD harapkan bantuan untuk nelayan Seruyan direalisasikan