Popkab Gunung Mas jadi barometer pembinaan olahraga di sekolah

id Popkab Gunung Mas jadi barometer pembinaan olahraga di sekolah, kalteng, gumas, gunung mas

Popkab Gunung Mas jadi barometer pembinaan olahraga di sekolah

Sekda Gunung Mas didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Esra dan lainnya membuka Popkab yang ditandai dengan pemukulan servis bola voli di Lapangan Isen Mulang Kuala Kurun, Senin (23/5/2022). ANTARA/Chandra

Kuala KurunĀ  (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong berharap Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten (Popkab) bisa menjadi barometer keberhasilan pembinaan olahraga di sekolah untuk mencapai prestasi setinggi-tingginya.

Itu guna menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Porprov) dan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas), kata Jaya dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah Yansiterson saat membuka Popkab Gunung Mas di Kuala Kurun, Senin.

"Di sini generasi muda menjadi perhatian khusus, supaya nantinya mereka dapat menjadi pelaku pembangunan yang handal," sambungnya.

Popkab diharap bisa memotivasi generasi muda di kabupaten bermoto 'Habangkalan Penyang Karuhei Tatau' untuk berprestasi. Popkab juga diharap menjadi sarana kompetisi yang sehat bagi atlet pelajar dan menjalin silaturahmi antarpelajar.

Selain itu, Popkab juga bertujuan untuk memfasilitasi kegiatan kompetisi antarpelajar serta mencari bibit atlet berbakat dari kalangan pelajar. Ini juga menjadi momen mengevaluasi latihan yang telah dilaksanakan para pelajar, baik di perkumpulan olahraga atau klub maupun ekstrakurikuler di sekolah.

Baca juga: Legislator bangga prestasi basket Gunung Mas mampu saingi daerah lain

Lebih lanjut, dia menyebut bahwa Popkab merupakan ajang pembinaan olahraga pelajar. Tugas pembinaan tersebut tidak hanya menjadi tugas guru, tetapi tugas bersama segenap lapisan masyarakat.

“Oleh sebab itu, saya berharap kepada semua pihak untuk menaruh perhatian di dalam pembinaan olahraga di daerah ini, serta bersedia memberikan kontribusi baik berupa dana maupun peralatan olahraga,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Kepemudaan dan Olahraga di Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Gunung Mas, Siren mengatakan ada empat cabang olahraga yang dilaksanakan pada Popkab, 23-25 Mei 2022.

Empat cabang olahraga tersebut adalah atletik, bola voli pasir, bulu tangkis, dan pencak silat. Untuk atletik dan bola voli pasir dipusatkan di Lapangan Isen Mulang Kuala Kurun, bulu tangkis di Gedung Bulu Tangkis Cewie Gaman, sedangkan pencak silat di Gedung Pertemuan Umum Tampung Penyang.

Baca juga: 'Kusuka' diharapkan ubah pola pikir pelaku usaha perikanan Gunung Mas

Baca juga: Sekda Gunung Mas: Tingkatkan kewaspadaan terhadap PMK

Baca juga: Legislator Gunung Mas minta orang tua pastikan anak diimunisasi lengkap