Fraksi NasDem DPRD Kapuas minta gaji guru non PNS segera dibayar

id Ketua Fraksi NasDem DPRD Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Sera Sintanola, DPRD Kapuas, Kapuas, Kalteng, gaji non pns belum dibayar

Fraksi NasDem DPRD Kapuas minta gaji guru non PNS segera dibayar

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menyerahkan naskah Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2021, kepada Ketua DPRD Kapuas Ardiansah dalam rapat paripurna DPRD setempat, Senin (27/6). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Ketua Fraksi NasDem Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Sera Sintanola meminta kepada pemerintah setempat, agar segera membayar gaji guru kontrak, guru tidak tetap dan guru honorer K2 yang belum dibayar selama lima bulan terakhir.

"Untuk pembayaran gaji dari bulan Januari hingga sampai Juni 2022, belum ada realisasi pembayaran gajihnya. Fraksi NasDem, mendesak untuk dibayarkan gaji para guru kontrak, tidak tetap dan honorer K2 ini," kata Sera Sintanola di Kuala Kapuas, Selasa (28/6).

Permintaan itu disampaikan oleh wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas IV ini, saat menyampaikan pemandangan umum fraksi NasDem terhadap Raparda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021, dalam rapat paripurna DPRD setempat.

Semboyan guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa saat ini masih sangat relevan mereka telah mendidik anak-anak calon penerus bangsa ini. Presiden, pejabat pemerintah, pejabat daerah dan masih banyak lagi. Semua adalah produk-produk yang dihasilkan oleh seorang guru.

Baca juga: Bupati Kapuas minta ASN berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat

"Kami meminta kepada bapak Bupati Kapuas agar kita duduk bersama mencarikan solusi dan jalan keluar yang terbaik agar pembayaran gajih segera kita bisa realisasikan, kalaupun tidak bisa sesuai dengan keinginan mereka, tetapi pembayaran gajih yang diberikan cukup layak untuk bisa memenuhi kebutuhan sandang mereka," harapnya.

Terkait hal itu, Farksi NasDem meminta kepada pimpinan rapat agar segera membentuk Panitia Khusus (Pansus) tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Kapuas Tahun Anggaran 2021, sesuai tahapan-tahapan pembahasan dan mekanisme yang telah ditetapkan dalam tata tertib DPRD.

"Dalam pemandangan umum Fraksi NasDem, pihaknya lebih menitik beratkan menjadi skala prioritas yakni persoalan nasib para guru kontrak, guru tidak tetap dan honorer K2 yang belum terbayarkan gajih mereka," demikian Sera Sintanola.

Baca juga: Kapuas Hulu masih kekurangan 1.930 tenaga pendidik

Baca juga: Bupati Kapuas ingatkan masyarakat pentingnya menjaga kebersihan lingkungan