Kobar kembali dinobatkan sebagai Kabupaten Layak Anak kategori pratama

id Sekretaris Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Suyanto, Kotawaringin Barat, Kobar, Kalteng, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kobar Layak Anak, Kabupat

Kobar kembali dinobatkan sebagai Kabupaten Layak Anak kategori pratama

Sekretaris Kotawaringin Barat Suyanto (kiri) bersama kepala SOPD di lingkungan Pemkab Kobar saat mengikuti penghargaan dan penobatan Kabupaten/kota Layak Anak kategori pratama tahun 2022 yang dilaksanakan secara daring, Pangkalan Bun, kemarin. ANTARA/HO-Prokom Kobar.

Pangkalan Bun (ANTARA) - Sekretaris Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Suyanto mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, karena wilayah setempat kembali meraih penghargaan serta dinobatkan sebagai Kabupaten Layak Anak kategori Pratama 2022.

Penghargaan dan penobatan ini hasil sinergi dan dukungan serta keterlibatan dari semua elemen dalam menjaga sekaligus mempertahankan daerah ini sebagai Kabupaten Layak Anak, kata Suyanto di Pangkalan Bun, kemarin.

"Kami berharap berharap prestasi ini dapat tetap dipertahankan dan ditingkatkan di masa-masa yang akan datang," ucap dia.

Penobatan Kobar sebagai Kabupaten Layak Anak kategori pratama yang dilaksanakan secara daring itu  dipimpin Sekda Kobar, dan turut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) serta organisasi perangkat daerah lainnya.

Kobar ditetapkan karena didasari atas sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak.

"Semoga ke depan kasus yang berkaitan dengan anak dapat ditekan. Kami yakin apabila seluruh pihak bersatu pada kasus yang terjadi dapat diatasi," kata Suyanto.

Baca juga: Pelecehan anak semakin marak di Kobar, Pj Bupati berencana bentuk tim

Sebelumnya, Penjabat Bupati Kobar Anang Dirjo menyatakan bahwa pihaknya berencana bentuk tim penanganan kasus pelecehan anak di bawah umur. Rencana itu sebagai upaya melakukan antisipasi dan tindakan dari adanya pelecehan anak di bawah umur di kabupaten setempat.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (BPD) Kalteng itu mengatakan bahwa dirinya ada mendapat tekanan dari pemprov terkait semakin maraknya pelecehan seksual di bawah umur di Kobar.

"Hal itu pula mendasari kami bersama Sekda dan Dinsos Kobar dibentuk tim. Jangan sampai masih terjadi lagi kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur di Kobar," demikian Anang.

Baca juga: Batu Kumpai Atas strategis dan berpotensi jadi objek wisata baru Kobar

Baca juga: Bantu kembangkan bakat, Pj Bupati dukung Agustiar Cup digelar di Kobar

Baca juga: Pemkab Kobar dukung penuh pemeriksaan Inspektorat Kalteng

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2022