Kemenag minta jamaah haji pastikan identitas lengkap jelang kepulangan

id Kemenag minta jamaah haji pastikan identitas lengkap jelang kepulangan, kalteng, palangka raya, jch, haji, jamaah haji

Kemenag minta jamaah haji pastikan identitas lengkap jelang kepulangan

Kepala Kantor Kemenag Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Nur Widiantoro. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya  (ANTARA) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Nur Widiantoro meminta jamaah haji setempat di Mekkah dan Madinah yang menunggu kepulangan memastikan identitas diri lengkap.

"Saya minta agar jamaah selalu memastikan identitas diri selalu dibawa dan lengkap agar tidak menjadi penghambat saat kepulangan," kata Nur di Palangka Raya, Kamis.

Dia juga meminta jamaah haji asal "Kota Cantik" yang berada di Mekkah maupun Madinah untuk tidak beraktivitas berlebihan dan selalu menjaga kesehatan.

"Jangan sampai karena kondisi sehat, ada jamaah kita yang tidak bisa pulang bersama rombongan. Keadaan ini pernah terjadi beberapa kali terhadap jamaah di wilayah lain," katanya.

Nur juga meminta jamaah membatasi barang yang akan dibawa pulang ke tanah air. Jika kapasitas melebihi ketentuan, akan dikenakan biaya angkut terhadap seluruh berat barang dan biaya ditanggung masing-masing jamaah.

Baca juga: Dinas Pertanian Palangka Raya mulai vaksinasi PMK dosis kedua

"Bahkan, pengalaman yang lalu ada barang bawaan jamaah yang tidak bisa dibawa dan harus ditinggal di Arab Saudi karena tidak sesuai ketentuan di sana," kata Nur.

Sementara itu, saat ini Kantor Kemenag Palangka Raya bersama pemerintah setempat telah siap menyambut kedatangan jamaah haji setempat yang dijadwalkan tiba di Embarkasi Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan pada Sabtu, akhir Juli 2022.

Jadwal kepulangan jamaah haji asal "Kota Cantik" yang masuk Kloter tujuh dengan jumlah 32 jamaah hanya selisih sehari dari rombongan Kloter lima dengan jumlah jamaah sebanyak 114 orang.

Penjemputan akan dilakukan petugas terdiri dari unsur Kepolisian dan ambulans yang akan melakukan pengawalan, unsur Pemerintah Kota Palangka Raya dan unsur Kantor Kementerian Agama Kota setempat serta armada untuk angkutan jamaah.

Dia menerangkan, saat ini jamaah haji Kota Palangka Raya yang tergabung di kloter lima tengah berada di Mekkah untuk melakukan ziarah serta menunggu jadwal pemulangan. Sementara untuk rombongan jamaah yang tergabung pada kloter tujuh berada di Madinah serta menunggu jadwal pemulangan.

Baca juga: Bersalah cemarkan nama baik Rektor UPR, Marcos Tuwan divonis dipenjara enam bulan

Baca juga: Kejati Kalteng dorong optimalisasi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi honorer

Baca juga: Pumpung Hai dan Festival Dayak bangkitkan semangat kebudayaan di Kalteng