DPUPR Barsel fokuskan kegiatan perencanaan pada APBD-P 2022

id Dpupr barito selatan, ita minarni, apbd perubahan barito selatan, perencanaan pembangunan dpupr barito selatan, buntok, barsel, barito selatan,dinas p

DPUPR Barsel fokuskan kegiatan perencanaan pada APBD-P 2022

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Barito Selatan Ita Minarni. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) -
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Barito Selatan, Kalimantan Tengah lebih memfokuskan kegiatan perencanaan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun anggaran 2022 ini.
 
"Pada APBD-Perubahan 2022 ini kita lebih memfokuskan kegiatan perencanaan pembangunan tahun anggaran 2023 mendatang," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Ita Minarni di Buntok, Kamis.
 
Dia mengatakan, kegiatan perencanaan yang dilakukan pada 2022 untuk pelaksanaan pembangunan di TA 2023 tersebut merupakan sistem baru yang akan diterapkan pihaknya.
 
"Karena, pada tahun sebelumnya perencanaan yang kita lakukan beriringan dengan tahun pelaksanaan pembangunan pekerjaan proyek di tahun yang sama," ucap Ita Minarni.
 
Dikatakannya, dengan sistem seperti itu, kesalahan yang terjadi pada tahun sebelumnya tidak terulang lagi, sehingga pelaksanaan pelelangan pekerjaan proyek bisa dilaksanakan di awal 2023 mendatang.
 
"Dengan demikian, pelaksanaan pekerjaan fisik proyek pada TA 2023 nantinya akan lebih panjang, sebab dari awal tahun hingga akhir tahun," jelas Ita Minarni.

Baca juga: Kajati Kalteng pimpin sertijab Wakajati dan empat Kajari, berikut rinciannya
 
Bahkan kata dia, dengan dilaksanakannya perencanaan dengan sistem ini, pekerjaan fisik proyek pada APBD-P TA 2023 mendatang bisa tetap dilaksanakan.
 
Dia menerangkan, untuk perencanaan terhadap pekerjaan proyek pada 2023 itu sebagian akan dilaksanakan pihaknya secara swakelola. Sedangkan sebagian perencanaan terhadap kegiatan proyek fisik lainnya tetap dilaksanakan melalui konsultan.
 
Menurutnya, pada APBD Perubahan TA 2022 ini, DPUPR Barito Selatan memang ada melaksanakan pekerjaan fisik, namun jumlahnya tidak terlalu banyak.
 
"Untuk proyek pekerjaan fisik pada APBD-P 2022 ini hanya untuk menangani tanah longsor yang ada di Kecamatan Jenamas dan taman anggrek di belakang rumah jabatan bupati," terang Ita Minarni.

Baca juga: Pemkab-DPRD Barsel sepakati program APBD P 2022 tangani inflasi daerah

Baca juga: Desa Sababilah Barsel dijadikan percontohan budi daya cabai

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Kalteng sosialisasi kekayaan intelektual di Barito Selatan