Ini rekomendasi kegiatan gaya hidup berkelanjutan di rumah

id gaya hidup berkelanjutan,kegiatan gaya hidup,ikea,IKEA Indonesia ,kegiatan di rumah

Ini rekomendasi kegiatan gaya hidup berkelanjutan di rumah

Ilustrasi menerapkan gaya hidup sehat dan berkelanjutan dengan membawa bekal (Antara/Ho/IKEA Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melindungi Bumi serta memberikan dampak positif kondisi fisik dan psikologis para penghuninya. Salah satu caranya adalah dengan memulai gaya hidup sehat dan berkelanjutan dari rumah.

IKEA Indonesia melalui siaran resminya yang diterima pada Selasa, membagikan kiat untuk menciptakan rumah berkelanjutan, sehat, dan aman untuk manusia serta planet.

Berikut adalah lima rekomendasi dari IKEA Indonesia untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga untuk gaya hidup berkelanjutan.

Upcycling pakaian jadi baru

Daripada membeli baju baru dan membuat lemari semakin penuh, ada baiknya mencoba upcycling. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan pakaian lama yang dimiliki dan mentransformasikannya menjadi pakaian, tas belanja atau aksesori lain menjadi mode baru.

IKEA Indonesia dan komunitas Setali membagikan beberapa manfaat yang akan dirasakan melalui kegiatan upcycling, antara lain ikut mengambil peran terhadap lingkungan, serta meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri karena berhasil bereksplorasi untuk menghasilkan suatu karya fesyen baru.

Bahan-bahan yang diperlukan juga sederhana dan tidak sulit, yakni gunting, benang dan jarum, potongan kain dan aksesoris, serta beberapa bahan dasar.

Membawa bekal

Membawa bekal untuk ke kantor atau sekolah merupakan salah satu pilihan yang baik karena dapat menunjang gaya hidup yang lebih sehat dan hemat.

Namun, masih banyak yang mengurungkan niat membawa bekal karena takut kurangnya waktu untuk mempersiapkan bekal sebelum berangkat menjalani aktivitas di luar rumah.

Yang perlu dilakukan adalah menggunakan metode meal prepping atau teknik menyiapkan makanan dalam jumlah banyak secara sekaligus sehingga hanya perlu memanaskannya sebentar sebelum makan. Sebelum melakukan metode ini, siapkan juga menu-menu apa saja yang ingin dimasak selama beberapa waktu ke depan.

Membuat lilin beraroma

Rumah yang wangi dan bersih membawa perasaan nyaman dan betah kepada siapapun yang tinggal di dalamnya. Untuk menciptakan suasana ruangan yang lebih nyaman dan memaksimalkan waktu untuk beristirahat, buatlah lilin beraroma di rumah.

Aromanya yang lembut namun perlahan menyebar ke seluruh ruangan akan menciptakan kesan rileks.

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan ini adalah soy wax, minyak esensial, sumbu lilin, dan wadah lilin seperti KORKEN dari IKEA. Dengan bahan-bahan sederhana tersebut, ruangan rumah akan memancarkan keharuman khas dan menciptakan suasana yang lebih nyaman.

Kegiatan mengompos

Peningkatan jumlah sampah organik yang berasal dari sisa makanan dapat menimbulkan masalah serius bagi ekosistem lingkungan. Langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk mulai peduli akan lingkungan adalah kegiatan mengompos.

Beberapa bahan yang perlu disiapkan untuk melakukan kegiatan mengompos adalah sampah berwarna coklat, sampah hijau, tanah dan air cucian beras.

Selain itu, diperlukan kontainer yang berfungsi sebagai tempat untuk mengaduk bahan baku atau juga bisa digunakan sebagai tempat pembuatan kompos serta alat sekop.

Menanam tanaman pangan

Aktivitas yang direkomendasikan selanjutnya adalah menanam tanaman pangan di rumah. Kegiatan ini selaras dengan upaya mengompos dan memiliki keinginan untuk menjalankan meal prepping.

Dengan menanam tanaman pangan di rumah, akan ada sejumlah manfaat dari kegiatan ini yakni mengkonsumsi makanan organik yang berkualitas, menghirup udara yang lebih segar dan bersih, latihan fisik serta relaksasi mental saat dalam proses menanam tanaman.

Baca juga: Tips dari Luna Maya untuk mulai gaya hidup sehat

Baca juga: Putu Ayu Saraswati mengaku gaya hidup ramah lingkungan membuatnya lebih hemat

Baca juga: Berikut gaya hidup berkelanjutan yang bisa diterapkan masyarakat kota