Turnamen catur semarakkan Harhubnas di Bandara Tjilik Riwut

id Turnamen catur bandara tjilik riwut, harhubnas kalteng, agoes soepriyanto, percasi,Catur

Turnamen catur semarakkan Harhubnas di Bandara Tjilik Riwut

Pembukaan turnamen catur dalam rangka Harhubnas di Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, (8/10). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Kejuaraan yang bertajuk 'Open Turnamen Catur dan Catur Simultan' di area Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya, menyemarakkan peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).
 
Executive General Manager (EGM) AP II Bandara Tjilik Riwut Agoes Soepriyanto di Palangka Raya, Sabtu, mengatakan, digelarnya turnamen catur sebagai salah satu rangkaian Harhubnas, karena perkembangan cabang olahraga adu strategi ini cukup bagus di wilayah Kalteng.
 
"Catur di sini luar biasa. Begitu bicara catur, pendaftar membludak, sehingga pendaftar pun kami batasi," kata Agoes.
 
Adapun peserta yang terdaftar mengikuti turnamen catur ini sebanyak 158 orang, yang terbagi menjadi kategori umum dan pelajar mulai dari SD, SMP, serta SMA sederajat.
 
"Kami batasi pendaftar peserta sebanyak 150, namun tingginya minat, ditambah sebanyak delapan lagi, sehingga menjadi 158 orang. Karena melihat dan menyesuaikan kapasitas bandara, sehingga tidak mengganggu area layanan," katanya menambahkan.

Baca juga: Frekuensi penerbangan rute Jakarta di Bandara Tjilik Riwut meningkat
 
Untuk itu, Bandara Tjilik Riwut bersama pemerintah provinsi dan lainnya, memanfaatkan momentum peringatan Harhubnas untuk menggelar turnamen catur sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan cabang olahraga yang sangat potensial di Kalteng tersebut.
 
Kepala Dinas Perhubungan Kalteng Yulindra Dedy mengatakan, turnamen catur ini merupakan rangkaian dari peringatan Harhubnas di provinsi setempat. Kegiatan ini juga didukung Dewan Adat Dayak (DAD) serta dihadiri Ketua Harian PB Percasi Agustiar Sabran.
 
"Kejuaraan ini sekaligus mendekatkan bandara dengan masyarakat, yakni ke bandara tak hanya saat ingin bepergian melalui jalur udara saja, tetapi juga menjadi salah satu alternatif tujuan rekreasi atau hiburan bagi masyarakat," katanya.

Selain kejuaraan catur umum, juga digelar catur simultan dengan mempertemukan Ketua Harian PB Percasi sekaligus Anggota DPR RI Agustiar Sabran melawan 15 pecatur yang merupakan perwakilan dari berbagai instansi.

Baca juga: Gubernur Kalteng instruksikan bupati/wali kota fokus tangani inflasi

Baca juga: Optimalkan penegakan hukum, Pemprov Kalteng bantu bangun kantor Kejati

Baca juga: Pemprov tingkatkan kemampuan fotografi ASN tunjang pengembangan ekraf