Legislator Kapuas minta nelayan penangkap ikan lebih diperhatikan

id DPRD Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Sri Umi Daryatun, Kapuas, kalteng, nelayan, nelayan di kapuas

Legislator Kapuas minta nelayan penangkap ikan lebih diperhatikan

Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Sri Umi Daryatun menunjukkan udang dan ikan hasil tangkapan warga di Desa Tumbang Mangkutup, Kecamatan Mantangai, belum lama ini. ANTARA/HO-Setwan kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Sri Umi Daryatun mengingatkan sekaligus meminta kepada dinas terkait dapat memberikan perhatian kepada masyarakat khususnya para nelayan pencari ikan di Desa Tumbang Mangkutup, Kecamatan Mantangai.

"Potensi perikanan tangkap di sana sangat luar biasa. Kita lihat sendiri masyarakat di sana cukup banyak yang sehari-hari sebagai pencari ikan di sungai," kata Sri Umi Daryatun, di Kuala Kapuas, Rabu (19/10).

Menurut dirinya, sungai di Kapuas memiliki banyak potensi, khususnya udang, ikan baung, maupun ikan sungai lainnya cukup banyak. Dan ini, menurutnya, pemerintah daerah melalui dinas terkait, perlu mendukung potensi perikanan yang ada di Desa Tumbang Mangkutup, Kecamatan Mantangai.

Hal itu disampaikan legislator dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, ketika melaksanakan monitoring dalam daerah belum lama ini di wilayah tersebut. Oleh karena itu, melihat potensi yang ada diharapkannya kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas, melalui dinas terkait dalam hal ini Dinas Perikanan setempat, dapat mendukungnya. 

Misalnya, dengan pemberian peralatan tangkap ikan, agar dapat meningkatkan lagi hasil tangkap mereka. Sehingga, ini akan dapat membantu menggerakkan roda perekonomian masyarakat di sana. 

"Harapannya ini bisa menjadi perhatian, dengan menggali potensi-potensi yang ada di desa-desa, dan memberikan kesejahteraan warga," harap Sri Umi.

Baca juga: Pemkab Kapuas dukung penuh kegiatan regsosek

Selain itu, sambung wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas IV ini, pengolahan ikan asin juga berpotensi di sana, tentunya lagi diharapkan pemerintah bisa membantu dalam hal pemasarannya.

"Ini semua perlu dilakukan dan menjadi perhatian bersama untuk menggali berbagai potensi yang dimiliki daerah, dan memberdayakan masyarakat. Dukungan dari pemerintah daerah sangat di harapkan untuk keberlangsungan perekonomian masyarakat di daerah itu," demikian Sri Umi Daryatun.

Baca juga: Optimalkan pelayanan, DPRD Kapuas minta ada perbaikan di PDAM Tirta

Baca juga: Pemprov Kalteng alokasikan Rp559 juta bantu pelaku usaha perikanan Kapuas