Puas hasil TMMD, Pemkab Kotim siap tingkatkan anggaran

id Puas hasil TMMD, Pemkab Kotim siap tingkatkan anggaran, kalteng, sampit, kotim, Kotawaringin Timur, sekda kotim, Fajrurrahman

Puas hasil TMMD, Pemkab Kotim siap tingkatkan anggaran

Aster Panglima TNI-AD Mayjen TNI Purwo Sudaryanto saat meninjau salah satu lokasi kegiatan fisik TMMD Reguler ke-115 di Kelurahan Tanah Mas Kecamatan Baamang, Kamis (20/10/2022). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah menyatakan puas dengan hasil kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-115 yang dilaksanakan di Kelurahan Tanah Mas Kecamatan Baamang, sehingga siap mengalokasikan anggaran lebih besar lagi pada TMMD berikutnya. 

"Tahun depan Insya Allah dana yang tahun ini Rp1,2 miliar, akan kita tingkatkan kembali karena secara fisik dan fisik nonfisik yang kita capai sangat bermanfaat bagi kita semua," kata Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Fajrurrahman di Tanah Mas, Kamis. 

Hal itu disampaikannya saat mendampingi Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI-AD Mayjen TNI Purwo Sudaryanto yang datang melakukan pengawasan dan evaluasi TMMD di Kelurahan Tanah Mas. Hadir Dandim 1015/Spt Letkol Inf Abdul Hamid, Kapolres AKBP Sarpani dan pejabat lainnya. 

Kegiatan utama TMMD kali ini yakni pembukaan jalan dari Kelurahan Tanah Mas menuju Kelurahan Baamang Hulu sepanjang 1.100 meter dan lebar 20 meter. 

Selain itu, peningkatan badan jalan di Jalan PDAM di Kelurahan Tanah Mas sepanjang 815 meter dan lebar 9 meter, Jalan Sagonta Kota di Kelurahan Baamang Hulu sepanjang 300 meter dan lebar 10 meter, serta pembuatan enam jembatan dan sasaran nonfisik.

Menurut Fajrurrahman, banyak manfaat yang didapat dari TMMD. Selain biaya jauh lebih murah dibandingkan pembangunan dikerjakan kontraktor, manfaat besar dari TMMD adalah sinergi kuat antara TNI, Pori dan masyarakat dalam kemanunggalan. 

Baca juga: Legislator Kotim minta pemkab segera sosialisasikan larangan obat sirup

Hasil yang dicapai dalam TMMD sangat membantu pemerintah daerah dalam percepatan peningkatan pembangunan di daerah terpencil. Masyarakat juga akan lebih berasa bertanggung jawab merawat infrastruktur yang dihasilkan dari kegiatan TMMD. 

"Kami pemerintah daerah siap meningkatkan sinergi dengan TNI dan Polri. Kami juga akan menugaskan Dinas Pekerjaan Umum untuk melanjutkan pekerjaan fisik yang sudah dimulai melalui TMMD ini agar berkesinambungan dan hasilnya bermanfaat besar bagi masyarakat," jelas Fajrurrahman. 

Aster Panglima TNI-AD Mayjen TNI Purwo Sudaryanto menyampaikan apresiasi atas lancarnya pelaksanaan TMMD di Tanah Mas sejauh ini. Dia juga bangga dan berterima kasih kepada warga yang dengan suka rela menghibahkan tanahnya untuk pembangunan jalan. 

"Ini sangat luar biasa. Masyarakat kita dengan besar hati menghibahkan tanahnya untuk kepentingan orang banyak. Kami salut dan bangga. Mudah-mudahan ini membawa manfaat besar bagi orang banyak," kata Purwo. 

Dandim 1015/Spt Letkol Inf Abdul Hamid menyampaikan terima kasih karena dipercaya melaksanakan TMMD Reguler ke-115. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Infrastruktur untuk mempermudah dan mempermudah transportasi. Harap berkesinambungan. Tahun ini pembukaan, tahun depan diharapkan dianggarkan untuk ditingkatkan. Kami mengapresiasi dan terima kasih karena masyarakat yang dengan rela hati menghibahkan tanahnya dengan gratis tanpa ganti rugi," demikian Abdul Hamid. 

Baca juga: Pemanah muda Kotim sumbang dua medali untuk Kalteng

Baca juga: Imigrasi Sampit siap berikan layanan prima penerbitan paspor RI berlaku 10 tahun

Baca juga: Dispora Kotim optimistis renovasi stadion tepat waktu meski musim hujan