Agustiar gandeng pemuda buka dapur umum bantu korban banjir di Kotim

id Agustiar gandeng pemuda buka dapur umum bantu korban banjir di Kotim, Kalteng, DPR ri, Sampit, kotim, Agustiar sabran, banjir kotim

Agustiar gandeng pemuda buka dapur umum bantu korban banjir di Kotim

Penyerahan bantuan makanan oleh tim kepada korban banjir di Kecamatan Mentaya Hulu. Makanan tersebut bantuan dapur umum yang dilaksanakan anggota DPR RI Agustiar Sabran bersama KNPI dan Pemuda Muhammadiyah Kotim pada 20-25 Oktober 2022. ANTARA/HO-KNPI Kotim

Sampit (ANTARA) - Anggota Komisi III DPR RI asal Kalimantan Tengah, Agustiar Sabran menggandeng pemuda untuk membantu korban banjir di Kabupaten Kotawaringin Timur dengan membuka dapur umum. 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada bang Agustiar Sabran karena telah menggandeng kepemudaan untuk mengadakan dapur umum membantu korban banjir di daerah ini," kata Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kotawaringin Timur Endra Rosana di Sampit, Selasa. 

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotawaringin Timur, saat ini banjir masih merendam 19 desa, 1.506 rumah, tujuh tempat ibadah, 12 sekolah dan tiga fasilitas kesehatan. Akibat kondisi ini, sebanyak 2.376 kepala keluarga dengan 8.240 jiwa terdampak banjir. 

Untuk membantu korban banjir di daerah ini, Agustiar sengaja menggandeng pemuda yakni mereka yang tergabung di KNPI dan Pemuda Muhammadiyah Kotawaringin Timur. Para pemuda ini membantu pelaksanaan di lapangan. 

Endra mengatakan, dapur umum dilaksanakan di dua lokasi di Kecamatan Mentaya Hulu, yaitu di Kelurahan Kuala Kuayan pada 20 dan 21 Oktober, serta di Desa Bawan pada 24 dan 25 Oktober 2022.

Baca juga: Komunitas trail blusukan antar bantuan untuk korban banjir di Kotim

Makanan yang sudah dimasak, kemudian dibagikan kepada warga di lokasi banjir. Sebagian warga ada yang masih bertahan di rumah mereka yang sudah terendam banjir, namun ada pula yang mengungsi ke rumah kerabat mereka. 

Kegiatan tersebut dikoordinasikan dengan aparat pemerintah setempat agar dapat bermanfaat dan tepat sasaran. Pihaknya bersyukur karena kegiatan itu disambut antusias masyarakat korban banjir. 

"Ini sebagai bentuk kepedulian beliau
(Agustiar Sabran) secara pribadi dan selaku wakil rakyat. Dan kami selaku pemuda juga menyambut baik langkah itu karena memang sangat dibutuhkan oleh saudara-saudara kita yang menjadi korban banjir," ujar Endra. 

Ketua Pemuda Muhammadiyah Kotawaringin Timur, Ahmad Julianto yang juga mewakili masyarakat Kuala Kuayan,  mengucapkan terima kasih dan syukur karena kepedulian Agustiar Sabran yang telah membantu korban banjir di kecamatan tersebut. 

"Kami atas nama organisasi, sekaligus saya selalu putra Kuala Kuayan, mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kepedulian ini. Ini tentu sangat bermanfaat dalam meringankan beban masyarakat yang menjadi korban banjir," demikian Ahmad Julianto. 

Baca juga: Legislator Kotim dukung relokasi fasilitas umum terdampak banjir

Baca juga: Kegiatan Karsa Mandau disambut antusias pemohon paspor di Kobar

Baca juga: Kotim wakili Kalteng dua cabang lomba di Pesparani Nasional