Kesadaran masyarakat Kalteng jaga lingkungan harus terus ditingkatkan

id jaga kebersihan lingkungan, kebersihan lingkungan di kalteng, Kalimantan Tengah, dprd kalteng, dprd kalimantan tengah, kalteng, Duwel Rawing

Kesadaran masyarakat Kalteng jaga lingkungan harus terus ditingkatkan

Anggota DPRD Kalteng Duwel Rawing. ANTARA/Jaya W Manurung

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Duwel Rawing mengingatkan sekaligus meminta pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, agar terus mendorong kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga dan memelihara kebersihan di lingkungannya masing-masing.

Kebersihan bukan hanya membuat suasana menjadi lebih nyaman tapi juga berdampak pada kesehatan masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut lebih terjaga, kata Duwel di gedung DPRD Kalteng, Rabu.

"Kalau lingkungan kotor, apalagi sampai berbau, bukan hanya tidak nyaman tapi juga bisa menjadi sumber penyakit. Itulah kenapa kesadaran menjaga lingkungan harus terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan," tambahnya.

Menurut Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas itu, hal yang sangat perlu diperhatikan sekarang ini adalah pembuangan sampah di tiap lingkungan. Sebab, sampah ini masih ada yang dibuang di pinggir sungai, selokan, belakang rumah, dan lainnya.

Duwel mengatakan, sampah-sampah yang dibuang itu pun bukan hanya dari rumah tangga, tetapi tempat-tempat usaha. Alhasil, sampah-sampah tersebut semakin membludak dan mengeluarkan aroma tidak sedap, bahkan salah satu sumber penyakit karena banyak lalat maupun nyamuk bersarang.

"Untuk penanganan masalah sampah ini, perlu kerjasama dari semua lini, bukan hanya pemerintah. Kalau semua punya kesadaran untuk menjaga lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempat yang disediakan, saya yakin kebersihan akan tetap terjaga," ucapnya.

Baca juga: Rencana pembangunan universitas di DAS Barito harus dikaji secara mendalam

Selain menjaga kebersihan, Anggota DPRD Kalteng itu juga mengimbau sekaligus mengajak masyarakat untuk menanam pepohonan di sekitar pekarangan ataupun pinggir jalan lingkungan. Untuk pohon yang akan ditanam, dia menyarankan jenis bunga dan buah-buahan yang mampu bertahan belasan atau puluhan tahun.

Dia mengatakan, tanaman bunga akan membuat suasana lingkungan menjadi lebih cantik dan indah. Untuk tanaman buah-buahan berfungsi membuat lingkungan menjadi asri, dan buahnya dapat dimakan oleh masyarakat sekitar.

"Pemerintah setempat perlu juga menyediakan dan memberikan bibit tanaman secara gratis kepada masyarakat, agar ditanami di halaman rumah maupun pinggir jalan lingkungan," demikian Duwel.

Baca juga: Legislator Kalteng minta pemda maksimalkan pengelolaan TPI di Kobar

Baca juga: Pusat diminta realisasikan aspirasi masyarakat Kalteng terkait jalan Asam-Buntok

Baca juga: Ciptakan lapangan kerja, Legislator Kalteng dorong ada kemudahan berinvestasi