Optimalkan keterlibatan semua pihak menggalakkan sektor pertanian di Kalteng

id Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Tengah, Achmad Rasyid, Komisi II DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Ten

Optimalkan keterlibatan semua pihak menggalakkan sektor pertanian di Kalteng

Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Tengah Achmad Rasyid. ANTARA/HO.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Tengah Achmad Rasyid meyakini sektor pertanian akan berkembang pesat di provinsi terluas di Indonesia ini, jika melibatkan semua pihak dan adanya dukungan regulasi yang baik dari pemerintah daerah.

Langkah yang perlu dioptimalkan sekarang ini adalah melibatkan semua pihak dalam menggalakkan sektor pertanian di Kalteng, kata dia di gedung DPRD Kalteng, kemarin.

"Sinergitas antara pemerintah daerah dan pelaku usaha serta masyarakat juga harus lebih ditingkatkan, agar sektor pertanian di Kalteng semakin berkembang," tambahnya.

Selain pertanian tanaman, menurut Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kalteng itu melihat peternakan dan perikanan, sangat cocok dikembangkan di Kalteng. Sebab, Kalteng memiliki lahan yang sangat luas, dan peternakan serta perikanan dapat diintegrasikan dengan lahan perkebunan milik pelaku usaha maupun masyarakat.

Achmad Rasyid itu mengatakan, pihak masyarakat ataupun pihak swasta juga bisa diberikan kesempatan untuk membuka areal peternakan di Kalteng, akan tetapi lebih baik lagi apabila masyarakat lokal yang menjadi peternak yang patut menjadi contoh.

Baca juga: Kembali marak, DPRD Kalteng ingatkan masyarakat hati-hati ikut arisan online

"Sejauh ini untuk potensi peternakan dukungannya masih belum maksimal, karena ketika adanya bantuan bibit pengukuhannya tidak ada sehingga alangkah baiknya salah satu peternakan bisa dibina dengan baik agar bisa menjadi contoh baik peternak lainnya," ucapnya.

Mantan Ketua DPRD Barito Selatan itu menyebut, peternakan yang cukup potensial seperti Sapi, Kambing, Ayam, Bebek dan lainnya. Potensi peternakan ini guna mendukung kebutuhan lokal. Terlebih pada momen hari besar keagamaan.

"Itulah kenapa saya yakin kalau dikelola secara serius dan berkelanjutan, program swasembada pangan dapat dilaksanakan dengan baik di Kalteng. Sepanjang pemerintah, swasta dan masyarakat, punya persepsi yang sama," demikian Achmad Rasyid.

Baca juga: DPRD Kalteng minta semua perda disosialisasikan secara optimal

Baca juga: Hasil akhir revisi tata tertib DPRD Kalteng ditetapkan

Baca juga: Kesadaran masyarakat Kalteng jaga lingkungan harus terus ditingkatkan