Komisi III DPRD Seruyan siap anggarkan armada pengangkut sampah pariwisata

id Komisi III DPRD Seruyan siap anggarkan armada pengangkut sampah pariwisata, kalteng, seruyan

Komisi III DPRD Seruyan siap anggarkan armada pengangkut sampah pariwisata

Anggota DPRD Seruyan Masfuatun di Kuala Pembuang, ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Masfuatun menyampaikan bahwa pihaknya bersedia untuk menganggarkan armada pengangkut sampah di destinasi wisata, untuk menjaga kebersihan wisata di wilayah setempat.

“Kita bersedia untuk menganggarkan armada pengangkut sampah untuk destinasi wisata, karena memang kebersihan wisata merupakan salah satu penunjang agar banyak wisatawan berkunjung,” kata Masfuatun di Kuala Pembuang, Jumat.

Dia mengatakan, saat pihaknya melaksanakan reses Pemerintah Desa Sungai Bakau mengusulkan agar bisa dianggarkan untuk alat transportasi pengangkut sampah, karena memang selama ini terkendala tidak ada armada untuk mengangkut sampah di tempat wisata tersebut.

Lanjut dia, memang untuk tempat sampah di wisata sudah ada dan sudah mencukupi, namun yang menjadi kendala adalah alat transportasi untuk mengangkutnya menuju tempat pembuangan akhir (TPA).

“Kalau tempat sampah di wisata Sungai Bakau itu sudah ada, namun kalau armadanya tidak ada pastinya pihak pengelola juga akan kesulitan untuk membawa sampah tersebut menuju ke TPA,” jelasnya.

Baca juga: Wabup Seruyan ajak masyarakat mencintai produk lokal

Sebelumya Pemerintah Desa Sungai Bakau juga telah bersedia untuk menyediakan BBM untuk operasional transportasi pengangkut sampah tersebut. Untuk itu diharapkan dinas terkait bisa merealisasikan hal tersebut, agar pengelolaan destinasi wisata di Seruyan bisa lebih maksimal.

“Artinya, kita hanya menyediakan armadanya saja, untuk operasional pihak desa juga telah menyanggupi, hal seperti ini harus kita dukung bersama-sama,” harapnya.

Dia menambahkan, apalagi sektor pariwisata ini merupakan salah satu potensi yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), semakin bersih dan bagus pengelolaan destinasi wisata maka semakin banyak juga wisatawan yang datang dan tentu dapat berdampak pada perekonomian masyarakat Seruyan.

“Kita harus berupaya memaksimalkan pengelolaannya salah satunya menjaga agar lingkungan wisata di Seruyan tetap bersih dan nyaman untuk dikunjungi,” demikian Masfuatun.

Baca juga: Bupati Seruyan harapkan masyarakat manfaatkan program beasiswa

Baca juga: DPMD Seruyan serahkan sertifikat lahan ke warga Kecamatan Batu Ampar

Baca juga: Pemkab Seruyan - PN Sampit sediakan layanan sidang luar pengadilan permudah masyarakat