Dekranasda Kapuas ajak masyarakat dukung UMKM terus berkembang

id Pemkab kapuas, dekranasda kapuas, kuala kapuas, ary egahni, umkm, produk lokal, kerajinan daerah, kapuas

Dekranasda Kapuas ajak masyarakat dukung UMKM terus berkembang

Ketua Dekranasda Kapuas Ary Egahni melihat secara langsung kerajinan anyaman rotan di galeri Dekranasda setempat, Kuala Kapuas, Jumat (3/3/3023). (ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Ary Egahni mengaku bangga terhadap produk-produk lokal yang dihasilkan oleh pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah setempat.

“Saya selaku Ketua Dekranasda merasa bangga dengan UMKM Kapuas. Mari bangkit dan tetap semangat bahu-membahu memperkuat UMKM, karena jika UMKM kuat maka masyarakat akan lebih sejahtera,” kata Ary Egahni di Kuala Kapuas, Jumat.

Ary Egahni mengunjungi galeri Dekranasda yang berada di samping Kantor Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagperinkop UKM) setempat.

Baca juga: Legislator Kapuas kembali salurkan bantuan kepada kelompok nelayan

Kunjungan ini dilakukan untuk melihat secara langsung produk-produk lokal baik kerajinan maupun kuliner, terutama kerajinan rotan, purun, batik benang bintik hingga pangan lokal di galeri Dekranasda Kapuas.

Dia menilai keberadaan dan perkembangan UMKM sangatlah penting bagi daerah, sebab apabila UMKM di suatu wilayah semakin kuat dan maju maka secara otomatis juga akan memberikan dampak kepada kesejahteraan masyarakat sekitar.

Baca juga: RSUD Kapuas berhasil peroleh akreditasi tingkat paripurna

“UMKM saat ini menjadi garda terdepan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Artinya UMKM kuat otomatis masyarakat juga akan sejahtera,” tegasnya.

Disamping itu, tambah anggota DPR RI ini, Disdagperinkop UKM setempat diharapkan terus memberikan dukungan dan pembinaan terhadap para pelaku UMKM.

Baca juga: Kasus korupsi, eks komisioner dan sekretaris KPU Kapuas divonis 4 dan 6 tahun penjara