Disdik Seruyan terus berupaya tingkatkan disiplin guru

id Kepala Dinas Pendidikan seruyan, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Rusdi Hidayat, seruyan, kalteng, disiplin guru, disiplin guru di seruyan

Disdik Seruyan terus berupaya tingkatkan disiplin guru

Kepala Dinas Pendidikan Seruyan Rusdi Hidayat saat mengikuti RDP dengan DPRD Seruyan di Kuala Pembuang, (13/3/2023). ANTARA HO-Publikasi DPRD Seruyan.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Rusdi Hidayat menyampaikan bahwa pihaknya terus berupaya dalam meningkatkan kedisiplinan tenaga pendidik di wilayah setempat, salah satunya melibatkan Pemerintah Desa.

"Kita juga telah berupaya dalam meningkatkan kedisiplinan tenaga pendidik di Seruyan, salah satunya melibatkan Pemdes, karena memang pendidikan merupakan kebutuhan dasar," kata Rusdi Hidayat di Kuala Pembuang, Selasa.

Adapun upaya yang pihaknya lakukan dengan melibatkan Pemdes tersebut yaitu meminta kepada Kepala Desa dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat agar terlibat dalam mengawasi tenaga pendidik di wilayah mereka masing-masing.

Rusdi mengatakan, hal tersebut dilakukan karena Kades dan Ketua BPD ini merupakan orang yang berada langsung di lokasi, sehingga pengawasan yang dilakukan juga lebih maksimal.

"Sesuai dengan instruksi Bupati Seruyan kita menjalankan sinergi dengan Pemdes setempat, upayanya kehadiran tenaga pendidik harus ditandatangani Kades dan BPD, apabila hal tersebut tidak ada pihaknya tidak bisa melakukan pembayaran gaji," ungkapnya.

Dia menyampaikan, begitu juga sebaliknya jika tandatangan tersebut terpenuhi pihaknya sudah bisa membayar gaji bagi tenaga pendidik, pihaknya menilai upaya tersebut sangat efektif dalam meningkatkan kedisiplinan tenaga pendidik.

Baca juga: Ratusan Pramuka Seruyan ramaikan KBP di Kotim

Walaupun demikian, memang perlu adanya pembenahan dan kerja sama Kades dan BPD, apabila memang tidak disiplin agar bisa disampaikan kepada pihaknya sesuai dengan buktinya, sehingga pihaknya bisa melakukan langkah evaluasi kedepannya.

"Kita rasa upaya tersebut sudah maksimal namun perlu adanya kerja sama yang baik dan ketegasan Pemdes, kalau memang tidak disiplin tidak usah takut untuk melaporkan kepada pihaknya, karena ini demi kebaikan kita bersama," jelasnya.

Dia menambahkan, pendidikan ini tidak hanya tanggung jawab sendiri saja melainkan semua pihak, karena hal tersebut sangat penting bagi generasi muda dan kemajuan daerah serta kesejahteraan masyarakat kedepannya.

Baca juga: DPRD soroti kedisiplinan tenaga pengajar di Seruyan

Baca juga: Pemkab Seruyan canangkan pembentukan BUMD penampung beras petani

Baca juga: DPRD Seruyan: Sejumlah BUMDes keluhkan masalah permodalan