Polres Kobar sebar 10.000 benih ikan dukung ketahanan pangan

id Polres Kobar sebar 10.000 benih ikan dukung ketahanan pangan, kalteng, Kobar, Kotawaringin Barat, ikan

Polres Kobar sebar 10.000 benih ikan dukung ketahanan pangan

Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono menebar benih ikan nila di keramba warga, Selasa (13/03/2023) ANTARA/HO-Diskan Kobar

Pangkalan Bun (ANTARA) - Kepolisian Resor Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah bersama Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Pemkab Kobar sebar 10.000 benih ikan nila di keramba warga di Kecamatan Arut Selatan untuk mendukung ketahanan pangan daerah. 

"Hari ini kami bersama Dinas DPKP sebar 10rb benih ikan nila di keramba di Desa Raja Seberang, Kecamatan Arut Selatan," ujar Kapolres Kotawaringin Barat, AKBP Bayu Wicaksono di Pangkalan Bun, Kamis.

Dijelaskan Kapolres, kegiatan penebaran benih ikan nila ini merupakan program upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan pasca pandemi COVID-19. Ini juga upaya untuk menekan inflasi daerah. 

"Kita ingin menumbuhkan atau membangkitkan kembali semangat para pembudidaya ikan lainnya untuk terus meningkatkan produksi di sektor perikanan," ucap Bayu.

Selain itu, sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan di Kotawaringin Barat, Bayu juga menginstruksikan para Bhabinkamtibmas di setiap wilayah untuk mengajak masyarakat bisa memanfaatkan lahan kosong diolah menjadi lahan produktif. 

"Peran Bhabinkamtibmas harus dioptimalkan untuk mendukung dan membina masyarakat agar bisa lebih produktif dalam pengelolaan lahan kosong atau lahan pekarangan dengan bercocok tanam," ucap Kapolres. 

Baca juga: Pemkab Kobar siapkan Rp7 miliar untuk penanggulangan bencana

Hal tersebut sebagai upaya dalam rangka program ketahanan pangan Polres Kobar. Ini juga salah satu upaya untuk menekan inflasi di daerah yang saat ini menjadi perhatian pemerintah pusat. 

Sementara itu Kepala Bidang Perikanan Budidaya DPKP Kobar Hermanto, berharap dengan kegiatan ini Kobar mampu membangun ketahanan pangan dengan konsep pemberdayaan masyarakat untuk mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan.

“Dalam meningkatkan ketahanan pangan di Kobar DPKP siap bersinergi dengan semua kalangan untuk meningkatkan produksi mewujudkan ketahanan pangan dan pengendalian inflasi daerah," Demikian Hermanto. 

Diketahui, saat ini Pemerintah Kotawaringin Barat terus mendorong masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan kosong di sekitar tempat tinggal untuk menjadi lahan produktif, misal dengan bercocok tanam tanaman sayuran. 

Bahkan Pemkab Kobar menyediakan ribuan bibit sayuran yang dibagikan secara cuma-cuma atau gratis kepada masyarakat sebagai upaya untuk merangsang masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan untuk jadi lebih produktif

Selain itu, Pemkab Kobar saat ini juga menggalakkan program menanam cabai menjadi salah satu upaya pemerintah dalam menekan laju inflasi. Hal tersebut karena komoditas cabai salah satu penyebab terjadinya inflasi. 

Baca juga: Sebanyak 150 lowongan dibuka pada Job Fair Kobar 2023

Baca juga: IPSI Kobar targetkan raihan maksimal pada Porprov Kalteng 2023

Baca juga: Pemkab Kobar terus optimalkan UHC di berbagai fasilitas kesehatan