FTI UMPR ajak masyarakat semakin bijak kelola lingkungan

id FTI UMPR ajak masyarakat semakin bijak kelola lingkungan, kalteng, umpr, Palangka raya

FTI UMPR ajak masyarakat semakin bijak kelola lingkungan

Fakultas Teknik dan Informasi (FTI) UMPR dan Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng dan Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan, FTI UMPR membagikan bibit pohon kepada warga di 'car free day' di Palangka Raya, Minggu. ANTARA/HO-FTI UMPR

Palangka Raya  (ANTARA) - Fakultas Teknik dan Informatika (FTI) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR), mengajak masyarakat untuk semakin bijak dalam memanfaatkan dan mengelola lingkungan.

"Mengedukasi masyarakat untuk peduli dan berbudaya bijak mengelola lingkungan harus terus dilakukan sebagai aksi nyata dalam penanaman sikap peduli dan peningkatan kualitas lingkungan," kata Dosen FTI UMPR Dr Sari Marlina di Palangka Raya, Minggu.

Dia mengatakan, salah satu bentuk ajakan yang dilakukan FTI UMPR adalah dengan membagikan berbagai jenis bibit pohon. Upaya itu dengan memanfaatkan momen "car free day". Pada kegiatan tersebut, pihaknya didukung Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng dan Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan, FTI UMPR.

"Kegiatan ini kami beri tema 'peduli lingkungan hijaukan alam'," kata Sari.

Proses edukasi tidak mudah dilakukan, tetapi upaya menyiapkan generasi masa depan yang mampu menjaga lingkungan harus terus dilaksanakan.

Dalam rangka menumbuhkan rasa cinta terhadap alam dan memahami esensi alam merupakan bagian edukasi pemanfaatan lingkungan berkelanjutan.

Baca juga: Fakultas Teknik UMPR siapkan tiket emas untuk siswa berprestasi

Perlu kesabaran dan upaya yang konsisten agar upaya menanamkan kepedulian lingkungan di tengah masyarakat. Apalagi aktivitas semacam ini merupakan investasi jangka panjang yang memanfaatkan akan dirasakan bertahun-tahun mendatang.

Upaya pelestarian lingkungan juga terus dilakukan FTI UMPR, seperti yang digelar pertengahan Februari lalu.

Bersama Balai Wilayah Sungai Kalimantan (BWSK) II Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) dan Borneo Nature Foundation Indonesia, pihaknya mengedukasi pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dalam mengelola lingkungan.

"Mengedukasi anak untuk peduli berbudaya lingkungan di sekolah juga bentuk aksi nyata dalam penanaman sikap peduli lingkungan dan peningkatan kualitas lingkungan sejak dini," kata Dekan FTI, UMPR, Novrianti MT.

Novrianti mengatakan, sangat penting untuk menyiapkan generasi muda yang peduli terhadap pelestarian lingkungan.

"Kami ingin mengajarkan anak-anak semakin mengerti dalam mengaplikasikan pengelolaan lingkungan. Salah satunya melalui bagaimana memilah dan membuang sampah pada tempatnya," demikian Novrianti.

Baca juga: UMPR-Pamkab Seruyan kerja sama peningkatan SDM melalui RPL

Baca juga: UMPR hadirkan Academy Cafe sebagai pusat informasi dan aktivitas kreatif mahasiswa

Baca juga: BEM FISIP UMPR gandeng KPU Palangka Raya gelar kelas sosial politik