Kepadatan penumpang arus balik Lebaran di Bandara Tjilik Riwut mulai terjadi

id Arus balik, arus balik lebaran, lebaran 2023, bandara tjilik riwut, puncak arus balik, pesawat, penerbangan, kalteng, ka

Kepadatan penumpang arus balik Lebaran di Bandara Tjilik Riwut mulai terjadi

Arsip-Penumpang di Bandara Tjilik Riwut belum lama ini. (ANTARA/Makna Zaezar)

Palangka Raya (ANTARA) - Arus balik Lebaran 2023 di Bandara Tjilik Riwut Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah mulai terjadi yang ditandai dengan kepadatan pergerakan penumpang.

"Arus balik di Bandara Tjilik Riwut dimulai kemarin (Selasa, 25/4) dengan jumlah penumpang 1.929 orang dan frekuensi penerbangan sebanyak 16 pergerakan," kata Executive General Manager (EGM) Bandara Tjilik Riwut Ardha Wulanigara dihubungi di Palangka Raya, Rabu.

Sedangkan untuk puncak arus balik Lebaran 2023 melalui Bandara Tjilik Riwut diprediksi terjadi pada hari ini, dengan jadwal penerbangan baik keberangkatan dan kedatangan sebanyak 16 pergerakan.

"Melihat jadwal penerbangan hari ini, maka perkiraan jumlah penumpang adalah sekitar 1.900-2.000an penumpang," tuturnya.

Pergerakan pesawat di Bandara Tjilik Riwut utamanya selama masa arus mudik hingga arus balik Lebaran ini, masih didominasi rute Jakarta maupun Surabaya, serta juga tersedia rute Balikpapan Kalimantan Timur.

Baca juga: Pemprov Kalteng gelar apel besar pastikan kehadiran ASN pasca Lebaran

Hingga saat ini aktivitas penerbangan maupun pergerakan penumpang di Bandara Tjilik Riwut masih berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.

Terlebih untuk mendukung periode Lebaran ini, Angkasa Pura II bersama pemangku kepentingan lainnya menyediakan sarana prasarana pendukung berupa posko di terminal bandara.

Baca juga: Polresta Palangka Raya tingkatkan keamanan bandara jelang arus balik

Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Tengah Yulindra Dedy menyampaikan, keberadaan posko yang tersedia sejak arus mudik hingga arus balik, sebagai upaya pemerintah bersama insan perhubungan lainnya untuk memberikan pelayanan optimal bagi penumpang.

"Pada periode ini, tim kami dari Dinas Perhubungan provinsi juga disebar baik dalam mendukung suksesnya pelaksanaan posko pengamanan dan pelayanan, hingga mengecek angkutan-angkutan yang digunakan," jelasnya.

Baca juga: Pemudik Kalteng diimbau waspadai potensi hujan disertai angin kencang