Polresta Palangka Raya pastikan keamanan kantor KPU dari gangguan kamtibmas

id Polresta Palangka Raya,Palangka Raya,Kalteng,KPU,Kasat Samapta Polresta Palangka Raya AKP Gatoot Sisworo,Pemilu 2024

Polresta Palangka Raya pastikan keamanan kantor KPU dari gangguan kamtibmas

Personel Samapta Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah berkomunikasi dengan satpam di kantor KPU Kota setempat guna memastikan keamanan di wilayah setempat jelang Pemilu 2024, Rabu (3/5/2023). ANTARA/HO-Humas Polresta Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Satuan Samapta Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah memastikan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota setempat aman dari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) jelang pemilu 2024 ini.

Personel akan melaksanakan patroli ke kantor KPU Jalan Tangkasiang untuk menjaga situasi kamtibmas dan mewujudkan rasa aman di tengah masyarakat, kata Kepala Satuan Samapta Polresta Palangka Raya AKP Gatoot Sisworo di Palangka Raya, Rabu.

"Tujuan dari patroli ke kantor KPU Kota Palangka Raya tersebut, untuk memastikan bahwa situasi kamtibmas yang kondusif menjelang pesta demokrasi di tahun mendatang benar-benar terjaga dengan baik, sehingga aktivitas masyarakat berjalan dengan lancar dan baik," katanya.

Gatoot menjelaskan, personelnya yang mendatangi kantor KPU juga berdialog langsung dan memberikan arahan kepada Satuan Pengamanan (satpam) yang bertugas di kantor tersebut.

Anggota Satuan Samapta Polresta Palangka Raya juga meminta kepada satpam setempat, untuk segera melaporkan ke pihak kepolisian apabila ada terjadi gangguan yang sifatnya bisa membahayakan masyarakat atau pegawai kantor KPU setempat.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham minta MPW-MKN tingkatkan pengawasan terhadap notaris

"Kami berpesan kepada satpam setempat untuk terus meningkatkan kewaspadaan serta jangan ragu untuk menghubungi kepolisian, apabila melihat atau mengetahui adanya tindak pidana maupun gangguan kamtibmas di sekitar kantor KPU setempat," bebernya.

Diungkapkan Perwira Polri berpangkat balok tiga itu, sebelumnya puluhan personel Satuan Samapta Polresta Palangka Raya juga sudah melaksanakan simulasi pengamanan di halaman kantor KPU menjelang Pemilu 2024 mendatang.

Simulasi pengamanan yang dilaksanakan langsung di halaman kantor KPU, tentunya bermaksud sebagai antisipasi jika pada pemilu mendatang ada simpatisan atau oknum-oknum masyarakat yang tidak puas dengan hasil pemilu dan membuat gaduh.

Personel yang sudah berlatih disiagakan agar dapat mengantisipasinya terlebih dahulu, sebab para personel Polresta Palangka Raya sudah menguasai medan atau situasi di kantor KPU.

"Kalau terjadi gangguan kamtibmas di halaman KPU Kota Palangka Raya, maka kami sudah siap dan mengantisipasinya dengan strategi yang sudah dipelajari seperti hari-hari sebelumnya," demikian Gatoot.

Baca juga: Disdik Palangka Raya sediakan pusat layanan autis gratis

Baca juga: Wali kota ajak generasi muda aktif melestarikan kebudayaan

Baca juga: Polisi tembak kaki residivis kasus pencurian di Palangka Raya