Pemkab Kapuas salurkan bantuan untuk korban kebakaran di Perumnas Pulau Telo

id Pemkab Kapuas salurkan bantuan untuk korban kebakaran di Perumnas Pulau Telo, kalteng, kapuas, kebakaran

Pemkab Kapuas salurkan bantuan untuk korban kebakaran di Perumnas Pulau Telo

Pelaksana Tugas Bupati Kapuas, Muhammad Nafiah Ibnor, di dampingi Sekda Kapuas, dan Kepala Pelaksana BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga, menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di Perumahan Pulau Telo, Kapuas, Selasa (9/5/2023). ANTARA/All Ikhwan

Kuala KapuasĀ  (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menyalurkan bantuan korban musibah kebakaran di Kompleks Perumnas Pulau Telo, Kelurahan Selat Barat, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Selasa.

"Semoga bantuan yang diberikan ini dapat bermanfaat dan meringankan beban para korban," kata Pelaksana Tugas Bupati Kapuas Muhammad Nafiah Ibnor, di sela penyerahan bantuan.

Orang nomor satu di Kabupaten Kapuas ini mengaku prihatin atas musibah yang menimpa warga di RT 05/ RW 04, Kelurahan Selat Barat, Kecamatan Selat ini.  Para korban yang tertimpa musibah diharapkan dapat tabah atas cobaan yang terjadi.

Sementara itu, dalam penyerahan bantuan tersebut, turut mendampingi Sekretaris Daerah Kapuas Septedy, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas, Panahatan Sinaga, serta Kepala OPD terkait lainnya.

Baca juga: Polisi tembak pelaku terduga penganiayaan sampai meninggal dunia di Kapuas

Kepala Pelaksana BPBD kabupaten setempat, Panahatan Sinaga mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima, bahwa terjadi musibah kebakaran permukiman di Jalan Nuri 2 Kompleks Perumnas Pulau Telo, Kelurahan Selat Barat, Kecamatan Selat, pada  Senin (8/5) sekitar pukul 08.10 WIB. 

"Akibat kejadian ini, total ada enam unit rumah yang terbakar dengan rincian tiga unit rusak berat dan tiga unit rusak ringan. Sedangkan untuk korban terdampak ada sebanyak enam Kepala Keluarga (KK) dan sembilan belas jiwa," jelasnya.

Bantuan yang disalurkan berupa matras, selimut, paket sembako, peralatan dapur keluarga dan bantuan dari OPD terkait. Selain itu ada bantuan uang tunai dari Pemerintah Kabupaten Kapuas senilai Rp3 juta untuk rusak berat dan Rp1 juta untuk korban rusak ringan kepada masing-masing KK yang terdampak musibah.

"Semoga bantuan ini dapat meringankan para korban kebakaran, dan kita juga kembali mengimbau serta mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap selaku waspada terhadap yang dapat menyebabkan kebakaran, apa lagi saat ini cuaca di daerah kita cukup panas," demikian Panahatan Sinaga.

Baca juga: Warga Kapuas geger penemuan mayat di dalam parit dengan aroma bau busuk

Baca juga: Enam unit rumah di Kapuas hangus terbakar

Baca juga: NasDem tunjuk Ujang gantikan Ary Egahni