Sekda Seruyan minta petugas maksimalkan pemungutan PBB-P2

id Pemkab seruyan, kuala kurun, djainuddin noor, pad, pendapatan asli daerah, pbb p2, Pajak Bumi Bangunan dan Pedesaan Perkotaan, seruyan, kuala pembuang

Sekda Seruyan minta petugas maksimalkan pemungutan PBB-P2

Sekretaris Daerah Seruyan Djainuddin Noor. (ANTARA/HO-Prokom Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah menyatakan kepada seluruh jajaran instansi terkait untuk meningkatkan penghasilan di bidang Pajak Bumi Bangunan dan Pedesaan Perkotaan (PBB-P2) di wilayah setempat.

"Kita minta untuk pendapatan PBB-P2 harus ditingkatkan, semua harus bekerja sama agar ini bisa berjalan dengan baik dan maksimal,” kata Sekretaris Daerah Seruyan, Djainud'din Noor di Kuala Pembuang, Jumat.

Dia mengatakan, PBB-P2 belum maksimal dilakukan pemungutan oleh petugas di lapangan, padahal masyarakat selaku objek pajak sendiri sudah siap untuk dilakukan pemungutan. Maka dari itu, pihaknya meminta agar kegiatan ini dapat dimaksimalkan.

"Petugas pemungutan harus terus lebih aktif serta lebih semangat, mengingat pemerintah daerah telah memberikan fasilitas berupa kendaraan operasional untuk petugas pemungutan pajak," jelasnya.

Lanjut dia menyampaikan, dalam rangka meningkatkan pendapatan sektor perpajakan ini telah diterapkan pemberian penghargaan atau reward bagi petugas yang berhasil melebihi target dan teguran/sanksi atau punishment bagi yang tidak tercapai.

"Yang berhasil akan mendapatkan penghargaan dan yang tidak berhasil akan dapat teguran, hal ini dilakukan agar dapat memicu semangat para petugas sehingga dengan begitu dapat meningkatkan pendapatan,” jelasnya.

Baca juga: PDIP Seruyan targetkan 10 kursi pada Pileg 2024

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Seruyan Sukardi menambahkan, pihaknya telah menerapkan sanksi teknis, sehingga petugas lapangan harus benar-benar melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam program penguatan pajak.

Oleh karena itu, pihaknya akan memperkuat daftar validasi kecamatan-kecamatan yang wilayahnya belum tervalidasi cek pajak, sehingga dengan begitu dapat memudahkan petugas dalam melakukan pemungutan terhadap pajak tersebut.

"Kita pun berharap pendapatan dari sektor pajak ini dapat ditingkatkan ke depan, sehingga dengan begitu dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Seruyan, sehingga dengan begitu juga dapat mendongkrak pembangunan dan kesejahteraan bagi masyarakat di Bumi Gawi Hantantiring ini,” demikian.

Baca juga: Megawati resmi tunjuk Zuli Eko Prasetyo sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Seruyan

 

Baca juga: Wabup sambut kunjungan kerja Kajati Kalteng

 

Baca juga: Diskan Seruyan berikan 10 ribu bibit ikan patin ke nelayan budi daya