Ikuti Jumbara Nasional, PMR Gumas diharap harumkan nama daerah

id Pemkab gunung mas, pmr gunung mas, jumbara nasional, jumpa bakti gembira, palang merah remaja, pmi, kuala kurun, gumas, gunung mas

Ikuti Jumbara Nasional, PMR Gumas diharap harumkan nama daerah

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong berfoto bersama Ketua PMI Efrensia LP Umbing, kontingen, dan lainnya, di Kuala Kurun, Senin (26/6/2023). (ANTARA/HO-PWI Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong melepas kontingen Palang Merah Remaja (PMR) kabupaten untuk mengikuti Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Nasional 2023.

“Saya harap kontingen bisa mengharumkan nama Gunung Mas pada ajang Jumbara Nasional 2023, yang akan dilaksanakan di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung,” ucapnya di Kuala Kurun, Senin.

Gunung Mas pernah menduduki peringkat ketiga, saat pelaksanaan Jumbara Kalteng 2019. Keberhasilan tersebut diharap menjadi motivasi bagi kontingen kabupaten untuk meraih prestasi di tingkat nasional.

Di sisi lain, dia mendorong kontingen Gunung Mas memanfaatkan Jumbara Nasional sebagai wadah saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, keterampilan, dan berbagai hal positif lainnya.

Dengan demikian, tutur dia, diharap ke depan kualitas PMR Gunung Mas semakin baik, serta memiliki karakter kepalangmerahan sejak dini, cerdas, kreatif, dan berjiwa sosial.

Baca juga: KPU Gunung Mas temukan empat bacaleg ganda

Sementara itu, Wakil Bupati yang juga selaku Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Gunung Mas, Efrensia LP Umbing menyampaikan, Jumbara Nasional rencananya dilaksanakan mulai 2-10 Juli 2023.

Jumbara dikemas dalam bentuk berbagai kegiatan, dengan mengurangi sifat kompetisi atau lomba. Kegiatan lebih menekankan pada evaluasi bersama, dikaitkan dengan proses pembinaan PMR.

Dia menyebut Jumbara bertujuan meningkatkan karakter kepalangmerahan, serta peran PMR dalam penerapan Tri Bakti PMR dan sebagai pendidik sebaya melalui pendekatan keterampilan hidup.

Gunung Mas, sambung dia, mengirim 10 orang untuk mengikuti Jumbara Nasional 2023. Mereka terdiri dari PMR Mula, PMR Madya, PMR Wira, pendamping, serta pelatih.

“Peserta yang ikut sebelumnya sudah melakukan pelatihan bersama selama sekitar dua bulan. Setelah pelepasan ini, mereka akan ke provinsi untuk bergabung dengan kontingen kabupaten/kota se-Kalteng,” demikian Efrensia.


Baca juga: Polisi tangkap pengedar sabu asal Gunung Mas


Baca juga: Legislator berharap Gunung Mas Bermazmur menjadi agenda rutin


Baca juga: Legislator Gumas pastikan penanganan Jembatan Sei Lewu 1 dilakukan pada 2023