Karang Taruna diminta jadi pelopor jauhkan pemuda Bartim dari narkoba

id Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Barito Timur, bartim, kalteng, Habib Said Abdul Saleh, karang taruna, karang taruna bartim

Karang Taruna diminta jadi pelopor jauhkan pemuda Bartim dari narkoba

Wakil Bupati Barito Timur, Habib Said Abdul Saleh memberikan sambutan di acara Sosialisasi Bahaya Narkoba yang dilaksanakan Karang Taruna Pangunraun Desa Jaweten, Kecamatan Dusun Timur, Sabtu (8/7/2023). ANTARA/HO-Karang Taruna Barito Timur.

Tamiang Layang (ANTARA) - Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Habib Said Abdul Saleh mengingatkan sekaligus meminta kepada pengurus Karang Taruna di kabupaten setempat, agar dapat berperan dan menjadi pelopor menjauhkan para pemuda dari penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba).

Permintaan itu karena Karang Taruna ada di tiap desa dan program-programnya juga bersentuhan langsung pemuda, kata Habib Saleh di Tamiang Layang, Senin.

"Jadi, sangat penting jika Karang Taruna menjadi terlibat aktif mencegah generasi muda terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba," ucapnya.

Menurut dirinya, Karang Taruna di Barito Timur juga perlu menekankan pentingnya kesadaran dan peran aktif anak muda dalam menjaga diri mereka sendiri serta masyarakat dari bahaya narkoba.

Habib Saleh mengatakan bahwa penyalahgunaan narkoba telah merusak masa depan banyak generasi muda, dan kehadiran narkoba dalam masyarakat merupakan ancaman serius yang harus ditanggulangi bersama.

"Ini bukan permasalahan yang harus ditanggulangi kepolisian saja, melainkan kita semua, termasuk Karang Taruna Barito Timur," kata dia.

Habib Saleh yang juga Ketua Badan Narkotika Kabupaten Barito Timur itu juga menyoroti peran keluarga, sekolah, dan pemerintah dalam memberikan pemahaman yang benar tentang bahaya narkoba kepada anak muda. Untuk itu, pentingnya pendidikan tentang narkoba, mulai dari dampak negatif yang ditimbulkannya hingga upaya pencegahan yang dapat dilakukan.

"Serukan kepada seluruh anak muda yang ada di Kabupaten Barito Timur untuk terlibat hanya dalam kegiatan positif saja,” ujar dia.

Baca juga: Bupati Bartim ajak masyarakat budayakan tertib berlalu lintas

Tambahnya, hal tersebut dapat membantu mengalihkan perhatian anak-anak muda dari lingkaran pergaulan yang berpotensi membahayakan, seperti narkoba.

Wabup Bartim itu juga menjelaskan, upaya Pemerintah Kabupaten Barito Timur mencegah penyalahgunaan narkoba dengan melaksanakan sosialisasi. 

"Ada juga dukungan membuat sejumlah fasilitas rekreasi dan olahraga yang tersedia bagi anak muda, diantaranya RTH Nansarunai yang memiliki beraneka lapangan olahraga," demikian Habib Saleh.

Baca juga: Bupati: Pemkab telah alokasikan anggaran cukup besar tuntaskan infrastruktur di Bartim

Baca juga: Legislator Bartim dukung penataan lokasi wisata Nariuk

Baca juga: Karyawan perusahaan sawit ditemukan tewas di Bartim