Pemkab Kapuas berharap Karang Taruna dibentuk sampai ke desa

id Pemkab Kapuas berharap Karang Taruna dibentuk sampai ke desa, kalteng, Kapuas, Karang taruna

Pemkab Kapuas berharap Karang Taruna dibentuk sampai ke desa

Sekretaris Daerah Kapuas, Septedy membuka kegiatan rapat koordinasi dan sosialisasi pemberdayaan Karang Taruna tingkat kabupaten setempat, di salah satu aula hotel di Kuala Kapuas, Selasa (18/7/2023). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Septedy, inginkan kepengurusan Karang Taruna bisa terbentuk hingga ke tingkat desa.

“Kami harapkan kepengurusan bisa terbentuk sampai ke tingkat desa," kata Septedy di Kuala Kapuas, Selasa.

Hal itu disampaikannya saat membacakan pidato tertulis Pelaksana Tugas Bupati Kapuas Muhammad Nafiah Ibnor, dalam acara rapat koordinasi dan sosialisasi pemberdayaan Karang Taruna tingkat kabupaten setempat, di salah satu aula hotel di Kuala Kapuas.

Menurutnya, fungsi Karang Taruna ini sangat strategis, karena hampir semua lini itu fungsinya ada di Karang Taruna. Dia mencontohkan, misalnya fungsi administrasi, fasilitasi mediasi, komunikasi, informasi, edukasi pemanfaatan dan pengembangan teknologi, motivasi, sosialisasi dan pendampingan.

"Kalau fungsi betul-betul dilakukan, maka kemudian, Karang Taruna itu adalah orang orang yang memiliki peran strategis, artinya cukup dengan Karang Taruna saja mulai dari persoalan sosial sampai teknologi bisa diselesaikan,” katanya.

Baca juga: Legislator Kapuas minta usulan skala prioritas segera diakomodir

Septedy berharap, pengurus Karang Taruna dapat bersinergi dengan pemerintah maupun dapat berkolaborasi dengan organisasi lainnya dalam rangka membantu serta mendukung pembangunan di daerah setempat lebih baik lagi.

Sementara, Ketua Karang Taruna Kabupaten Kapuas, Kunanto mengatakan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman pengurus Karang Taruna dari tingkat kabupaten maupun sampai tingkat desa.

"Agar bersinergi dengan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan. Selain itu Karang Taruna juga melakukan pembenahan administrasi secara bertahap," katanya.

Kunanto berharap pengurus maupun anggota Karang Taruna dapat mengikuti kegiatan dengan baik, sehingga keberadaan organisasi ini dapat berperan aktif dan bersinergi dengan pemerintah maupun dalam membantu masyarakat di daerah setempat.

Sementara dalam kegiatan yang dibuka oleh Sekda Kapuas, Septedy saat itu, dihadiri Ketua Karang Taruna Kapuas, Kunanto, para kepala SOPD, perwakilan unsur Forkopimda, camat, dan sejumlah pengurus Karang Taruna tingkat kabupaten hingga desa.

Baca juga: Capaian opini WDP laporan keuangan Kapuas jadi perhatian

Baca juga: Legislator Kapuas minta 'jembatan panjang' segera diperbaiki

Baca juga: Puluhan pelaku UMKM di Kapuas dilatih keterampilan menjadi barista