DPRD Palangka Raya: Pengembangan wisata Kereng Bangkirai perlu ditingkatkan

id Sigit K Yunianto ,DPRD Palangka Raya

DPRD Palangka Raya: Pengembangan wisata Kereng Bangkirai perlu ditingkatkan

Ketua DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah Sigit K Yunianto. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto mengatakan, pengembangan wisata Dermaga Kereng Bangkirai perlu ditingkatkan.

Dalam hal ini, pemerintah kota setempat perlu memperhatikan sarana prasarana, sumber daya manusia (SDM) maupun sarana penunjang lainnya seperti infrastruktur agar sektor wisata tersebut lebih maju dan berkembang.  

“Saat reses beberapa waktu lalu, banyak aspirasi yang disampaikan warga Kereng. Semua kami serap dan akan kami perjuangkan,” ujarnya belum lama ini.

Sigit juga mengharapkan warga memahami terkait keterbatasan anggaran di pemko. Namun demikian, ia juga berharap, apa yang disampaikan masyarakat, semuanya bisa terealisasi meskipun secara bertahap.

Di sisi lain, Sigit menyampaikan bahwa Kelurahan Kereng Bangkirai, Kecamatan Sabangau sudah memiliki modal tersendiri dalam hal pembangunan sektor pariwisata unggulan.

“Hal ini sudah saya sampaikan kepada warga saat pertemuan reses anggota DPRD Palangka Raya dari daerah pemilihan (dapil) III di Aula Basara Kelurahan Kereng Bangkirai yang lalu,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, Kelurahan Kereng Bangkirai, dapat dijadikan sebagai konsep dari salah satu tujuan wisata dengan keunggulan seperti adanya pesona wisata Dermaga Kereng Bangkirai atau dikenal dengan Air hitam serta Taman Nasional Sebangau.

“Itu semua adalah modal utama, tinggal bagaimana masyarakat daerah sekitar dalam memanfaatkannya. Apalagi wisata Kereng Bangkirai sejauh ini cukup tinggi tingkat pengunjung wisatanya,” tuturnya.

Kendati begitu, ia tetap mengingatkan bahwa pembangunan wilayah Kelurahan Kereng Bangkirai tidak bisa lepas dari perhatian pemerintah daerah setempat.