Plh Sekda Kobar sebut Jambore UMKM dilaksanakan 2 September 2023

id Plh sekda kobar, sekda kotawaringin barat, kobar, kotawaringin barat, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Juni Goltom, kalteng

Plh Sekda Kobar sebut Jambore UMKM dilaksanakan 2 September 2023

Plh sekda Kobar Juni Gultom bersama Asisten III Setda Kobar Syahrudin, Kadis Disperindagkop Kobar saat menghadiri kegiatan rakor bersama Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, Jumat (18/8/2023) ANTARA/HO-Istimewa.

Pangkalan Bun, Kobar (ANTARA) - Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Juni Goltom menyatakan bahwa kegiatan Jambore Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Wilayah Barat Tahun 2023, disepakati akan dilaksanakan pada tanggal 2 September 2023.

"Pelaksanaannya memang sempat tertunda. Jadi, hasil rapat koordinasi bersama Pemerintah Provinsi Kalteng, disepakati 2 September 2023. Dipastikan pada tanggal tersebut tidak berbenturan dengan kegiatan lain," kata Juni Gultom di Pangkalan Bun, diSenin.

Adapun Jambore UMKM tersebut akan difokuskan di Pangkalan Bun Park, Jalan H.M. Rafii, Kelurahan Madurejo, Kecamatan Arut Selatan. Nantinya jambore yang dilaksanakan secara meriah itu, akan membuat suasana di wilayah barat Kalteng akan ramai.

Juni Gultom mengatakan bahwa Wabup Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo memberikan pesan kepada Pemkab Kobar sebagai bagian dari panitia, agar kegiatan Jambore UMKM tersebut dapat dilaksanakan dalam suasana yang meriah.

"Wagub juga meminta Pemprov Kalteng dan Pemkab Kotawaringin Barat dapat berkoordinasi dengan intens, agar kegiatan Jambore pada bulan September mendatang dapat dipersiapkan dengan baik," ucapnya.

Dia mengungkapkan, kegiatan Jambore UMKM di Kabupaten Kobar akan di ikuti sekitar 5.612 UMKM yang terdiri dari 5 Kabupaten yang ada di Kalimantan Tengah.

"Untuk UMKM dari Kabupaten Kobar kurang lebih 2.138 UMKM, dari UMKM Kotawaringin Timur 1.492 , Kabupaten Lamandau 350 UMKM, Kabupaten Seruyan 1.132 UMKM, dan untuk Kabupaten Sukamara 500," ungkapnya.

Juni menyampaikan, Jambore UMKM ini di laksanakan dengan tujuan untuk mengangkat perekonomian di Kotawaringin Barat, sehingga semua pihak diharapkan bisa membantu dan mendukung Jambore UMKM tahun 2023.

"Jambore UMKM Wilayah Barat 2023 ini nantinya mengusung tema 'UMKM Bersatu, Berkembang dan Berjaya' serta sub tema 'Menuju UMKM Naik Kelas dan Go Digital, Kalteng Makin Berkah'," ucapnya.

Baca juga: Disbudpar bangga pemuda asal berhasil jadi delegasi PPAP Kalteng 2023

Tidak hanya itu, Pemerintah Provinsi Kalteng juga mengharapkan agar UMKM Kalteng dapat naik kelas, dengan bertambahnya pengetahuan mengenai kewirausahaan.

"Melalui kegiatan ini pemerintah berharap para pelaku UMKM dapat lebih termotivasi untuk meningkatkan produktivitasnya, mandiri, dan berdaya saingnya," ungkapnya lagi.

Juni menambahkan, Jambore ini nantinya akan dirangkai dengan kegiatan pertemuan pelaku UMKM dan pemberian materi oleh narasumber dari Kementerian/Lembaga terkait.

"Kegiatan Jambore ini, juga akan dirangkai dengan acara Launching Gerobak, Penyerahan Bantuan Produktif bagi UMKM, dan Jalan Sehat Bersama UMKM," demikian Juni.

Baca juga: Penjabat Bupati Kobar: HUT RI momentum melanjutkan perjuangan

Baca juga: Kukuhkan 70 Paskibra, Pj Bupati Kobar minta kesehatan tetap dijaga

Baca juga: Pemkab bangga kontingen Kobar juara umum di ajang O2SN tingkat Kalteng