Penjabat Bupati Kobar: HUT RI momentum melanjutkan perjuangan

id Penjabat Bupati Kobar: HUT RI momentum melanjutkan perjuangan, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat

Penjabat Bupati Kobar: HUT RI momentum melanjutkan perjuangan

Penjabat Bupati Kotawaringin Barat Budi Santosa, saat memimpin upacara peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia, Kamis (17/8/2023) ANTARA/Safitri RA

Pangkalan Bun (ANTARA) - Penjabat Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah Budi Santosa menekankan, bahwa peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia bukan hanya merupakan momen seremonial semata, tetapi momentum penting yang harus dimaknai dengan baik.

"HUT RI ini juga merupakan hal penting, untuk meneruskan semangat perjuangan para pahlawan demi membangun Indonesia yang maju, adil, sejahtera, dan berdaulat," kata Budi Santosa di Pangkalan Bun, Kamis.

Hal tersebut disampaikan Budi saat memimpin upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman kantor Bupati Kotawaringin Barat.

Budi Santosa menyampaikan, pesan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran tentang pentingnya mengenang serta menghargai jasa-jasa besar para pejuang kemerdekaan. Ini menjadi penting sebagai pengingat bagi generasi penerus saat ini dan akan datang.

"Memang tidaklah mudah mewujudkannya, apalagi tantangan pembangunan ke depan pasti semakin berat, seiring derasnya arus globalisasi dan teknologi," ungkapnya.

Ia melanjutkan, kendala dan tantangan sesulit apapun pasti mampu dihadapi, asalkan mengutamakan semangat kebersamaan dan persatuan, dengan berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Baca juga: Kukuhkan 70 Paskibra, Pj Bupati Kobar minta kesehatan tetap dijaga

Pada kesempatan tersebut, Budi Santosa juga menyampaikan harapannya, bahwa peringatan HUT RI kali ini menjadi momentum penting untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi antar elemen masyarakat.

"Semua pihak harus dapat bergandengan tangan, bersinergi bersama untuk kemajuan daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, harapan ini sejalan dengan tema peringatan HUT ke-78 RI, yakni Terus Melaju untuk Indonesia Maju,” ucapnya.

Upacara dimulai dengan pengibaran bendera merah putih oleh Paskibraka, yang berlangsung dengan penuh khidmat.

Budi Santosa menambahkan, bahwa upacara peringatan HUT ke-78 kemerdekaan RI di Kobar ini bukan hanya sebagai perayaan nasional semata.

"Tetapi juga sebagai refleksi atas perjuangan dan tanggung jawab kita untuk menjaga dan meneruskan warisan berharga kemerdekaan," demikian Budi.

Baca juga: Pemkab bangga kontingen Kobar juara umum di ajang O2SN tingkat Kalteng

Baca juga: Kesbangpol Kobar libatkan berbagai pihak sediakan bendera Merah Putih

Baca juga: Pemkab Kobar turut berpartisipasi membagi 10 juta bendera Merah Putih