Pembangunan empat sekolah di Palangka Raya dukung visi misi wali kota

id Kadisdik Palangka Raya Jayani,Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya Aprae Vico Ranan ,Palangka Raya,Kalteng ,Sekolah Dikecipir

Pembangunan empat sekolah di Palangka Raya dukung visi misi wali kota

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangaka Raya Jayani. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Pembangunan empat sekolah di kawasan padat penduduk Jalan Kecipir Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, tentunya sangat mendukung visi misi wali kota setempat Fairid Naparin.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Jayani di Palangka Raya, Senin, mengatakan langkah tersebut sebagai kebijakan konkret guna meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan di Kota Palangka Raya, terutama di daerah padat pemukiman.

"Sekaligus sebagai komitmen dalam pengembangan dunia pendidikan, pembangunan itu di kawasan Jalan Kecipir ada tiga sekolah yakni PAUD, SD dan SMP serta satu bangunan sekolah merupakan realisasi dari sekolah di kawasan Jalan Mendawai Kelurahan Palangka," kata Jayani.

Dia menuturkan, pembangunan sekolah tersebut tentunya merupakan kebijakan strategis dengan tujuan dan maksud pembangunan unit sekolah baru untuk mendekatkan akses kebutuhan masyarakat di daerah kecipir terhadap kebutuhan akan ketersediaan fasilitas sarana pendidikan.

"Langkah ini wujud komitmen dalam dunia pendidikan. Ingat pemerintah memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak Indonesia, khususnya di Kota Palangka Raya utamanya mulai dari ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan, minimal berupa gedung sekolah yang layak," ucapnya.

Jayani mengungkapkan, bahkan terciptanya salah satu tujuan negara yang tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yakni pada alinea keempat, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dapat terwujud secara adil dan merata.

"Maka itu di 2023 ini melalui Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya membangun empat unit sekolah baru yaitu satu unit sekolah jenjang PAUD, dua jenjang SD dan satu sekolah jenjang SMP. Kami meyakini hal itu berdampak baik untuk masyarakat Kota Palangka Raya," bebernya.

Sementara itu Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya Aprae Vico Ranan menuturkan  semoga dengan adanya pembangunan sekolah di kawasan padat penduduk tersebut banyak manfaat yang didapatkan oleh masyarakat setempat.

Setidaknya para orang tua tidak terlalu jauh dalam menyekolahkan putra-putrinya, apabila sekolah tersebut terbangun dan difungsikan sesuai dengan peruntukannya.

"Semoga apa yang telah dilakukan Disdik Kota Palangka Raya bermanfaat bagi masyarakat setempat. Kemudian juga semoga anak-anak di kawasan padat penduduk itu juga selalu mendapatkan pendidikan sesuai kurikulum yang telah diterapkan pada tahun ini," demikian Aprae Vico Ranan.