Posyandu Usaha Bersama I wakili Barsel ikuti lomba tingkat provinsi

id Pemkab barsel, lomba posyandu, posyandu usaha bersama I, buntok, barsel, barito selatan

Posyandu Usaha Bersama I wakili Barsel ikuti lomba tingkat provinsi

Ketua tim penilai lomba posyandu tingkat provinsi saat menyampaikan sambutan di Buntok, Selasa (12/9). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Posyandu Usaha Bersama I, Kelurahan Hilir Sper, Kecamatan Dusun Selatan mewakili Kabupaten Barito Selatan untuk mengikuti lomba Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu (Pokjanal Posyandu) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

"Melalui kegiatan lomba ini diharap memberikan motivasi kepada para kader agar dapat lebih aktif dan lebih giat lagi dalam meningkatkan pelayanan posyandu," kata Asisten III Setda Barito Selatan, Mirwansyah di Buntok, Selasa.

Termasuk juga kenaikan strata posyandu dan peningkatan kapasitas kader posyandu. Pihaknya ingin Posyandu Usaha Bersama I ini nantinya dapat meraih juara lomba di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tersebut.

Baca juga: Pemkab Barsel gelar turnamen tenis meja pacu semangat generasi muda

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Pokjanal Posyandu Kalimantan Tengah, Ahmad Suwandi mengatakan, untuk kriteria penilaian dari lomba ini meliputi beberapa indikator.

"Kriteria dari BKKBN, Kesehatan dan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) mengenai sarpras serta penilaian dari PKK," ucapnya.

Untuk DPMD menilai mengenai kelembagaan dan dalam kelembagaan ini semuanya harus terintegrasi, terlibat dalam mewujudkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Baca juga: Pj Bupati Barsel: Turnamen voli berikan ruang pemain kembangkan bakat

Adapun jumlah posyandu yang didaftarkan mengikuti lomba tingkat provinsi pada 2023 ini sebanyak 11 posyandu yang mewakili sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah.

"Untuk kabupaten yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito ini, hanya Kabupaten Barito Selatan dan Kabupaten Barito Utara yang mengikuti lomba tersebut," terangnya.

Baca juga: Dinas PUPR Barsel pertahankan penghargaan terbaik I kepatuhan pajak

Baca juga: Pe'i nyatakan siap maju di Pilkada Barito Selatan

Baca juga: Kemendagri nilai kinerja Penjabat Bupati Barito Selatan sangat baik