Pemkab Barito Utara siap sukseskan gerakan nasional ketahanan pangan

id ketahanan pangan barut,plt sekda,trahean,barito utara,kalteng,wapres,panglima tni

Pemkab Barito Utara siap sukseskan gerakan nasional ketahanan pangan

Plt Sekda Barito Utara Jufriansyah bersama pejabat lainnya saat akan mengikuti konferensi video bersama Wakil Presiden Ma'aruf Amin di Pemancingan Andina Desa Trahean, Kecamatan Teweh Selatan, Rabu (1/11/2023).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, siap mendukung gerakan ketanahan pangan nasional 2023 yang digagas oleh Kementerian Pertanian bersama dan TNI AD.

Dalam mendukung ketahanan pangan nasional tersebut Plt Sekretaris Daerah Jufriansyah mengikuti konferensi video bersama Wakil Presiden RI Ma'aruf Amin dari Desa Trahean, Kecamatan Teweh Selatan, Rabu. 

Selain Plt Sekda Jufriansyah kegiatan yang dilaksanakan di Pemancingan Andina Desa Trahean, Kecamatan Teweh Selatan juga dihadiri oleh perwakilan FKPD, perwakilan SOPD, Camat Teweh Selatan, Kades Trahean, Kades Tawan Jaya dan undangan lainnya.

Plt Sekda Barito Utara Jufriansyah mendukung gerakan nasional ketahanan pangan dan akan berkoordinasi dengan instansi maupun pihak-pihak terkait dalam mengatasi ancaman krisis pangan global. 

"Akan kita laporkan ke Pj Bupati Barito Utara terkait hal ini, sehingga nantinya dapat diambil langkah kongkrit dalam menindaklanjuti arahan dari Wapres," kata Jufriansyah. 

Selain itu, kata Jufriansyah diharapkan juga sinergitas semua pihak dalam mendukung kegiatan gerakan nasional ketahanan pangan ini. 

Dalam kegiatan itu mengambil tema Ketahanan Pangan untuk Indonesia Maju.Selain sebagai rangkaian Ulang Tahun ke-78 TNI 2023, menjadi bukti komitmen bersama seluruh komponen masyarakat dalam memperkuat ketahanan pangan negara. 

Sebelumnya, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, mengatakan kegiatan digelar di 385 titik di seluruh Indonesia yang merupakan upaya bersama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan dukungan terhadap ketahanan pangan di tengah ancaman krisis pangan global. 

"Semoga kerja sama di bidang pangan antara TNI dan Kementan dapat terus berjalan dan diperkuat," harap Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin mengapresiasi langkah TNI yang dianggap menjawab persoalan ancaman krisis pangan global yang sedang melanda. 

Wapres juga berharap TNI bisa dan dapat membantu optimalisasi lahan-lahan tidur agar bisa menjadi produktif sehingga bisa menjaga ketahanan pangan dan untuk mewujudkan ketahanan pangan negara. 

"Dengan banyaknya lahan yang ada, kita upayakan bersama agar semua lahan tidur menjadi lahan produktif," jelas Wapres.