BPBD Balangan imbau warga tidak panik terkait gempa M4.0

id gempa balangan ,bpbd,kalsel,tabalong

BPBD Balangan imbau warga tidak panik terkait gempa M4.0

Gempa Magnitudo 4,1 menggetarkan Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, Senin (13/11/2023) sekitar pukul 07.39 WIB. ANTARA/HO-BMKG Kalsel

Banjarmasin (ANTARA) - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) Rahmi mengimbau masyarakat setempat agar tidak panik terkait informasi gempa bumi yang terjadi pada Senin pagi.


“Kami imbau masyarakat jangan panik terkait adanya informasi gempa ini,” kata Rahmi di Balangan, Senin.

Untuk Kabupaten Balangan, Rahmi mengaku hingga saat ini belum mendapatkan laporan bangunan atau korban terdampak gempa.



Menurut Rahmi, karena keterangan dari Kepala BMKG Kalimantan Selatan terkait gempa berkekuatan di bawah lima magnitudo tidak terasa.

Rahmi mengatakan getaran gempa menimbulkan kerusakan atau berdampak ketika gempa berkekuatan di atas enam magnitudo, sedangkan gempa bumi di Balangan berkekuatan M4,0.

“Informasi ini juga sudah kita konfirmasi melalui berkoordinasi dengan Kepala BMKG Kalsel. Beliau memberikan keterangan bahwa itu memang betul terjadi dan informasinya valid,” ujar Rahmi.

Selain itu, ucap Rahmi, gempa yang berkekuatan di bawah 5 Magnitudo itu hampir setiap hari terjadi di luar pulau Kalimantan, bahkan mencapai ratusan kali.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Selatan mengumumkan kejadian gempa bumi di daerah sekitar Kabupaten Balangan pada Senin (13/11) pagi.

Gempa terjadi pada pukul 07:39 WIB atau pukul 8.39 Wita dengan kekuatan M4.0 pada titik gempa berada pada koordinat 2.17 LS-115.59 BT dari kedalaman 10 kilometer.