PKK Balangan kaji banding ke Barito Utara

id pkk barut,pkk balangan,kaji banding,kalteng

PKK Balangan kaji banding ke Barito Utara

Ketua TP PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati bersama Ketua TP PKK Balangan Hj Sri Huriyati Hadi saat melakukan peninjauan lahan tanaman yang di kelola oleh TP PKK Barito Utara, Senin (7/6/2021).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Tim Penggerak PKK Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, melakukan kaji banding ke Kabupaten Barito Utara dalam rangka menyiapkan keikutsertaannya pada Program Hatinya PKK.
 
Kedatangan rombongan Ketua TP PKK Balangan Hj Sri Huriyati Hadi disambut langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Barito Utara Hj Sri Hidayati dan jajarannya di rumah jabatan bupati setempat di Muara Teweh, Senin.

Hadir juga dalam penyambutan rombongan TP PKK Balangan anggota DPRD Barito Utara, Hj Rujana Anggraini, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP), Kadis Sosial PMD, Kadis Pertanian, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DPW), Ketua Persit Kartika Candra Kirana, Ketua Bhayangkari dan undangan lainnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Barito Utara Hj Sri Hidayati mengucapkan selamat datang kepada seluruh rombongan di kabupaten dengan julukan Bumi Iya Mulik Bengkang Turan. 

"Saya merasa sangat bangga ibu Ketua TP PKK Balangan berkenan mengunjungi kami," kata Sri Hidayati.

Menurut dia, keadaan administratif Kabupaten Barito Utara terdiri dari sembilan  kecamatan 93 desa dan 10 kelurahan. TP PKK Barito Utara bekerja sama dengan Pemkab Barito Utara telah mengadakan berbagai kegiatan berdasarkan program kerja tahunan dan panduan hasil rakernas VIII TP PKK 2021.

PKK Barito Utara,  kata dia, menindaklanjuti arahan Bupati untuk bersama dengan perangkat daerah terkait lainnya dalam mengimplementasikan dan memanfaatkan halaman di sekitar rumah dengan tanaman pangan dan tanaman produktif.

"Apalagi di saat pandemi COVID-19 yang belum berakhir, sangat diperlukan peran ibu-ibu untuk memaksimalkan pemanfaatan pekarangan dan dikelola sebagai sumber pangan," katanya.

Ia mengataka, pemanfaatan lahan pekarangan, peningkatan gizi keluarga dan peningkatan kesehatan, TP PKK Barito Utara mengajak masyarakat untuk gemar menanam di pekarangan rumah melalui kegiatan Hatinya PKK yang diikuti oleh TP PKK Kecamatan di Barito Utara.

"Karena pekarangan memiliki potensi besar dalam mendukung terwujudnya ketahanan pangan berbasis keluarga, diantaranta yakni dengan memanfaatkan halanam di sekitar rumah dengan menanam beragam jenis tanaman baik untuk yang dikonsumsi, yang berfungsi sebagai tanaman obat keluarga hingga tanaman hias yang dapat memperindah pekarangan yang pada akhirnya dapat menjadi pekarangan pangan lestari (P2L)," ujarnya.

Ketua TP PKK Balangan yang juga anggota Komisi I DPRD Balangan, Hj Sri Huriyati Hadi mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat oleh PKK Barito Utara.

"Setelah ini kami akan mengadakan lomba untuk program Hatinya PKK, jadi setelah balik dari sini kami akan membawa ilmunya untuk lomba ke Kabupaten kami," jelas Sri Huriyati Hadi.

Ketua TP PKK Kabupaten Balangan juga meminta doanya juga semoga untuk lomba yang akan diikuti oleh Kabupaten Balangan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Setelah penyambutan, rombongan TP PKK Kabupaten Balangan diajak berkeliling untuk melihat kegiatan TP PKK Kabupaten Barito Utara seperti ke kebun tanaman pangan yang di kelola oleh TP PKK Barito Utara.