Bawaslu Mura sosialisasikan peran Ormas dan PWI awasi pemilu melalui media

id Badan Pengawas Pemilihan Umum, Bawaslu Murung Raya,Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, Murung Raya, kalteng, mura

Bawaslu Mura sosialisasikan peran Ormas dan PWI awasi pemilu melalui media

Acara pengembangan pengawasan Pemilu melalui media pada Pemilu serentak tahun 2024 oleh Bawaslu Murung Raya yang dilaksanakan di Aula Kemenag di Puruk Cahu, Rabu (15/11/2023). ANTARA/Bawaslu Murung Raya.

Puruk Cahu (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah menggelar sosialisasi pengawasan pemilu melalui media pada Pemilu 2024  yang dilaksanakan di Aula Kemenag di Puruk Cahu, Rabu (15/11).

Dilaksanakannya kegiatan ini sebagai bentuk memperkuat sinergitas dengan berbagai pihak dalam hal pengawasan tahapan Pemilu 2024, kata Komisioner Bawaslu Kalteng, Siti Wahidah pada saat membuka sosialisasi.

"Termasuk menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait tahapan pemilu yang beberapa waktu lalu sudah melewati penetapan calon dan pengambilan nomor urut," kata dia.

Dalam sosialisasi itu, Bawaslu Murung Raya menghadirkan beberapa organisasi masyarakat (ormas) di daerah setempat, seperti GP Ansor, KNPI, Batamad, Pemuda Muhammadiyah, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) serta organisasi-organisasi lainnya. Turut hadir juga Ketua Bawaslu Murung Raya Elides Jena, para anggota Bawaslu, Korsek Bawaslu Murung Raya Piterson, serta perwakilan dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Murung Raya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Murung Raya, Elides Jena mengatakan tujuan kegiatan ini adalah menjalin sinergi dengan semua organisasi di Murung Raya dan diharapkan bisa membatu Bawaslu mengawasi jalannya Pemilu serentak di tahun 2024 mendatang

"Jadi, teman-teman yang hadiri ini kami harapkan bisa menyampaikan dan mengedukasi kepada masyarakat terkait tahapan Pemilu maupun dalam hal pengawasan," ucap Elides.

Baca juga: Pemkab tingkatkan kapasitas 262 kader posyandu se-Murung Raya

Selain itu, sosialisasi ini juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk bertanya dan berdiskusi mengenai pemilu, serta memberikan masukan dan saran kepada Bawaslu. Acara ini diharapkan dapat lebih meningkatkan keterlibatan dan kesadaran masyarakat dalam menjalankan hak suaranya serta turut menjaga keberlangsungan demokrasi di Kabupaten Murung Raya.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, peserta dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya pengawasan pemilu dan bagaimana peran mereka dalam menjaga integritas pemilu,” tambah Elides.

Adapun dalam kegiatan ini sebagai narasumber diantaranya mantan Komisioner Bawaslu Kalteng Edi Winarno dan Analis Kebijakan Politik di Kesbangpol Murung Raya, Aang Fatchurrochman.

Baca juga: DPRD dan Pemkab Murung Raya teken Nota Kesepakatan KUA PPAS APBD 2024

Baca juga: Komisi II DPRD apresiasi Pemkab Mura rutin selenggarakan turnamen olahraga

Baca juga: 31 tim SOPD Murung Raya ramaikan Futsal Pj Bupati Cup