Penjabat Wali Kota sebut Apdesi berperan memajukan pembangunan yang merata

id PenjabatWali Kota sebut Apdesiberperan memajukan pembangunan yang merata, kalteng, Palangka raya, apdesi

Penjabat Wali Kota sebut Apdesi berperan memajukan pembangunan yang merata

Penjabat Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu (dua kanan) menghadiri Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Provinsi Kalteng dan Pengukuhan Pengurus DPD Apdesi Provinsi Kalteng, di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng beberapa waktu lalu. ANTARA/Protokol Komunikasi Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Hera Nugrahayu mengatakan keberadaan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) memiliki peran penting dalam memajukan pembangunan yang merata.

“Keberadaan Apdesi menjadi wujud nyata membangun semangat kebersamaan dan gotong royong, dalam rangka memajukan pembangunan di daerah pelosok atau desa,” kata Hera di Palangka Raya, kemarin.

Pernyataan itu diungkapkan dia saat menanggapi terkait pelaksanaan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Provinsi Kalteng dan Pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Provinsi Kalteng di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng.

Tema yang diangkat pada rakor tersebut “APDESI Jaya Desa Sejahtera, Membangun Indonesia dari Desa, Bersama Membangun Desa”.

Menurut Hera, Apdesi juga harus terus berperan aktif dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan pembangunan yang merata maju, mandiri serta sejahtera.

Baca juga: Kapolda Kalteng minta media massa edukasi masyarakat jelang Pemilu 2024

“Saya berharap kepada masyarakat bersama pihak terkait di daerah pelosok maupun desa, untuk selalu bekerja keras dan penuh dedikasi bahu membahu dalam menjalankan program pembangunan,” kata Hera.

Begitupun unsur pimpinan di daerah pelosok atau desa, seperti lurah maupun kepala desa, dapat bekerja keras dan dedikasi yang tinggi dalam membangun daerah.

“Itu semua sebagai upaya mewujudkan pembangunan yang maju, mandiri serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Hera.

Rakor tersebut dibuka Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. Turut hadir Anggota Komisi III DPR RI Dapil Kalteng, Agustiar Sabran, Plh Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, La Ode Ahmad Pidana Balomba. Hadir pula unsur Forkopimda, Sekda Kalteng Nuryakin, Pj Bupati se-Kalteng, serta unsur terkait lainnya.

Dalam momen itu juga, dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama kepala daerah dalam rangka percepatan penyelesaian penetapan dan penegasan batas desa di Provinsi Kalteng.

Baca juga: Bawaslu Palangka Raya tertibkan sebanyak 198 APS Pemilu

Baca juga: Dara Latifah raih medali perak Kejuaraan Dunia MTB di Palangka Raya

Baca juga: Pemkot Palangka Raya optimalkan peran TP PKK untuk cegah stunting