Dinas Perikanan minta Pokmaswas jaga kelestarian ekosistem perairan

id Dinas Perikanan minta Pokmaswas jaga kelestarian ekosistem perairan, kalteng, Palangka raya, perikanan

Dinas Perikanan minta Pokmaswas jaga kelestarian ekosistem perairan

Tim Dinas Perikanan Kota Palangka Raya. ANTARA/HO-Dinas Perikanan Kota Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Indriarti Ritadewi meminta Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) aktif menjaga kelestarian lingkungan di wilayah perairan setempat.

"Kami minta agar masyarakat dan Pokmaswas setempat turut berpartisipasi aktif membantu pemerintah dalam menjaga kelestarian ekosistem sumber daya perairan dan mencegah terjadinya aktivitas illegal fishing," kata Indriarti di Palangka Raya, Senin.

Apalagi, lanjut dia, belum lama ini pihaknya telah melakukan restocking atau pelepasliaran benih ikan lokal di sejumlah perairan atau danau yang tujuannya untuk melestarikan keberadaan ikan lokal di wilayah setempat.

"Meski benih ikan ini sudah dilepasliarkan, namun tetap harus dijaga agar ikan-ikan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik," kata Indriarti.

Oleh sebab itu, dirinya mendorong peran dari Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Perikanan agar terus mengawasinya terutama terhadap aktivitas penangkapan ikan dengan alat dan bahan yang berbahaya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya terus berupaya tingkatkan kompetensi guru

“Seperti yang kita ketahui jika penangkapan ikan dilakukan dengan alat dan bahan yang tidak ramah lingkungan maka akan menyebabkan benih ikan yang telah disebar akan mati dan rusaknya habitat di perairan umum,” katanya.

Selanjutnya, Indri juga meminta kepada masyarakat setempat agar turut berpartisipasi membantu Pemerintah dalam menjaga kelestarian ekosistem sumber daya perairan dari aktivitas-aktivitas illegal fishing.

Hal ini disampaikannya mengingat masyarakat setempatlah yang lebih dekat dengan perairan sehingga lebih mengetahui segala aktivitas yang berlangsung di perairan tersebut.

“Mari bersama-sama kita jaga perairan kita dari praktek illegal fishing. Jika menemukan oknum yang melakukan aktivitas penangkapan ikan dengan cara yang tidak ramah lingkungan, jangan segan-segan untuk melapor ke pihak berwajib demi kelestarian sumber daya perairan kita,” katanya.

Baca juga: Kerja sama BNNK dan Pemkot Palangka Raya cegah ASN terjerumus narkoba

Baca juga: Warga Palangka Raya diajak dalam mencegah penyebaran DBD

Baca juga: Dukung pembangunan MPP di Kelurahan Pager Palangka Raya