Legislator Kapuas terima penghargaan terbaik III Inovasi TTG

id Legislator Kapuas terima penghargaan terbaik III Inovasi TTG, kalteng, kapuas, teknologi, dprd kapuas

Legislator Kapuas terima penghargaan terbaik III Inovasi TTG

Kepala Dinas PMD Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan, menyerahkan piagam penghargaan terbaik III di ajang inovasi TTG tingkat Kalteng, kepada anggota DPRD setempat, Jumat (22/12/2023). ANTARA/HO-Dinas PMD Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Muhammad Rosihan Anwar menerima penghargaan atas capaiannya sebagai terbaik III lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2022.

"Hari ini kita menyerahkan piagam sekaligus hadiah berupa uang pembinaan kepada Rosihan Anwar. Beliau ini merupakan inovator terbaik ketiga di tahun 2022. Inovasinya adalah alat pembuat telor asin," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kapuas, Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Minggu.

Legislator dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini merupakan inovator bersama Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Kelurahan Selat Tengah.

Keberhasilan prestasi wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas I Kecamatan Selat ini, dengan inovasinya tentu menjadi inspirasi dan motivasi yang bisa dicontoh.

Budi atas nama Pemerintah Kabupaten Kapuas, mengucapkan terima kasih kepada Pemrov Kalteng atas apresiasi penghargaan kepada wakil Kapuas dalam ajang TTG tersebut.

"Kami juga mohon dukungan untuk kita terus mengembangkan TTG tingkat desa dan kelurahan," harapnya.

Baca juga: Pemkab Kapuas dukung peningkatan kinerja kedamangan

Sementara, Anggota DPRD Kapuas, Rosihan Anwar juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur dan Pemprov Kalteng serta Dinas PMD Kabupaten Kapuas atas penghargaan yang diraihnya. 

Ia mengapresiasi kegiatan lomba inovasi TTG yang dilaksanakan setiap tahun secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten.

Menurutnya, ajang tersebut dapat melahirkan inovator-inovator untuk menciptakan inovasi di tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini agar menjadi solusi dalam meningkatkan perekonomian lokal.

"Karena kalau tanpa peluang atau hal yang diciptakan sebagai inovator dengan kegunaan di masyarakat itu tentunya kita tidak bisa juga menampilkan inovasi-inovasi," katanya.

Wakil rakyat dari Dapil I Kecamatan Selat inipun turut aktif memberikan sumbangsih pemikiran dan inovasinya dengan berpartisipasi langsung di ajang tersebut.

Bahkan, dua tahun terakhir ini berhasil meraih prestasi yang membanggakan dengan inovasinya, yaitu berhasil meraih prestasi ajang inovasi TTG Tingkat Provinsi Kalteng tahun 2021 sebagai terbaik I dengan inovasi pemanfaatan kayu galam sebagai pengganti besi pada konstruksi tulangan ikan (fish bone).

Lalu, pada tahun 2022 berhasil meraih sebagai terbaik III dalam ajang yang sama dengan inovasi alat pembuat telur asin.

"Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur dan Pemprov Kalteng serta Dinas PMD Kabupaten Kapuas atas penghargaan yang diberikan," demikian Rosihan Anwar.

Baca juga: Penjabat Bupati ajak masyarakat mendayagunakan potensi diri tingkatkan kesejahteraan

Baca juga: Pemkab Kapuas lakukan upaya penanganan banjir Mantangai

Baca juga: Legislator Kapuas minta Disnaker perbanyak pelatihan kerja