Pencurian semakin marak di Gumas, masyarakat diminta aktifkan siskamling

id Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Evandi Juang, Gunung Mas, kalteng, anggota dprd Gunung Mas

Pencurian semakin marak di Gumas, masyarakat diminta aktifkan siskamling

Legislator Kabupaten Gunung Mas Evandi Juang. ANTARA/Dokumentasi pribadi

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Evandi Juang mengajak sekaligus meminta kepada masyarakat di wilayah setempat, agar mengaktifkan sistem keamanan lingkungan (siskamling) di setiap desa/kelurahan, guna mencegah terjadinya aksi pencurian.

Permintaan itu karena dalam beberapa bulan terakhir ini aksi pencurian semakin marak terjadi di sejumlah kecamatan yang ada di wilayah Gunung Mas, ucapnya saat dihubungi awak media dari Kuala Kurun, Kamis.

"Apalagi polisi berhasil mengungkap aksi pencurian di tiga kecamatan dalam beberapa bulan terakhir ini, Jadi, Belajar dari situ, kita hendaknya mengaktifkan siskamling di wilayah masing-masing," ucapnya.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan III, yang meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa dan Damang Batu ini yakin, siskamling merupakan cara yang efektif untuk mencegah aksi pencurian.

Siskamling juga bermanfaat untuk menjaga suasana keamanan dan ketertiban masyarakat supaya selalu kondusif. Oleh sebab itu, alumni Universitas Palangka Raya ini meminta masyarakat mengaktifkan siskamling.

"Saya harap kepala desa, lurah, RW, RT, dan para tokoh bisa menjadi penggerak dalam mengaktifkan siskamling. Tentunya juga harus berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan lainnya," kata Evandi.

Untuk diketahui, Polres Gunung Mas dan jajaran Polsek berhasil mengungkap tiga kasus pencurian di tiga kecamatan yakni Tewah, Mihing Raya, dan Kurun, dalam beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Legislator Gumas dorong percepatan penetapan perbup ADD 2024

Di Tewah, tepatnya di Desa Sumur Mas dan Kelurahan Tewah, Polres Gunung Mas berhasil mengungkap kasus pencurian sepeda motor. Khusus pencurian di Sumur Mas ada satu terduga dan di Kelurahan Tewah ada dua terduga.

Kemudian, Polsek Sepang berhasil mengungkap kasus pencurian sarang walet yang terjadi di Desa Dahian Tambuk Kecamatan Mihing Raya. Satu orang terduga berhasil diamankan dari kasus ini.

Terbaru, Polres Gunung Mas berhasil mengungkap kasus pencurian rumah kosong yang terjadi di Kecamatan Kurun. Dari kasus ini ada dua orang terduga yang berhasil diamankan.

Baca juga: DPRD Gumas berharap Batu Nyapau segera miliki kades definitif

Baca juga: DPRD Gunung Mas berharap sinergi pembangunan semakin solid pada 2024

Baca juga: Perayaan Natal Nusantara kenalkan ragam budaya kepada anak-anak Gumas