Perayaan Galungan dan Kuningan disambut suka cita

id PerayaanGalungan dan Kuningan disambutsuka cita, Kalteng, palangka raya,Kalteng berkah

Perayaan Galungan dan Kuningan disambut suka cita

Penjabat Bupati Kapuas Erlin Hardi menghadiri Perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan, di Desa Terusan Makmur, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Rabu (28/2/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan disambut dengan suka cita oleh masyarakat Desa Terusan Makmur, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Rabu.

“Kami mengharapkan dengan adanya Hari Raya Galungan ini, adanya suasana yang kondusif seperti yang sudah diperlihatkan oleh masyarakat di Terusan Makmur dalam bagaimana menghargai perbedaan,” kata Penjabat Bupati Kapuas, Erlin Hardi, di Kuala Kapuas.

Hal itu disampaikan oleh orang nomor satu di kabupaten setempat, saat menghadiri Perayaan Hari Raya Galungan dan Kuningan di Desa Terusan Makmur, Kecamatan Bataguh.

Erlin Hardi mengucapkan selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan kepada seluruh umat, khususnya berada di Desa Terusan Makmur, dirinya juga mengapresiasi masyarakat atas sinergi yang menjaga keberagaman.

Ia juga mengharapkan seluruh masyarakat dan pemuka agama untuk selalu mempertahankan keharmonisan ini, tentunya juga ini menjadi modal pembangunan untuk menuju Kabupaten Kapuas yang lebih aman, indah dan lebih ramah dengan keberagaman.

 

Di hari yang suci ini, seraya berharap agar perayaan Galungan dan Kuningan dapat selalu menjadi momentum untuk memperkuat keyakinan diri dalam memahami arti dari perayaan ini, serta melakukan perubahan menuju prilaku yang lebih baik lagi.

“Sehingga mempererat persaudaraan dan toleransi dengan sesama umat, khususnya di Desa Terusan Makmur dan secara umum Kabupaten Kapuas,” demikian Erlin Hardi.

Galungan dan Kuningan yang jatuh setiap 210 hari atau 6 bulan sekali itu, diharapkan menjadi momen bagi umat Hindu untuk meningkatkan bhakti sekaligus mengucap syukur ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa atas seluruh manifestasi demi keselamatan dan kesejahteraan serta keharmonisan alam semesta.

Peringatan tersebut, dihadiri juga Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kapuas Agustina Erlin Hardi beserta sejumlah Kepala Perangkat Daerah yang ikut mendampingi serta Pj Kepala Desa Terusan Makmur I Wayan Bawa.