KPU Kalteng mulai pleno rekapitulasi perolehan suara pemilu

id KPU Kalteng mulai pleno rekapitulasi perolehan suara pemilu, kalteng, pemilu, politik

KPU Kalteng mulai pleno rekapitulasi perolehan suara pemilu

KPU Provinsi Kalteng melaksanakan pleno rekapitulasi perolehan suara pemilu di Kota Palangka Raya, Minggu (3/3/2024). ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mulai melaksanakan rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

"Rapat pleno ini kami jadwalkan selama tiga hari mulai 3 hingga 5 Maret 2024," kata Ketua KPU Provinsi Kalteng Sastriadi di sela pembukaan rapat pleno di Palangka Raya, Minggu.

Dia menerangkan, pada rapat pleno itu akan dilakukan rekapitulasi perolehan suara pada presiden dan wakil presiden, suara Dewan Perwakilan Daerah (DPR), Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalteng.

Perhitungan perolehan suara dilaksanakan satu per satu per kategori suara. Dimulai dari capres dan cawapres, yang disampaikan masing-masing KPU kabupaten kota. Dilanjutkan rekapitulasi DPD, DPR RI dan DPRD provinsi.

Dia pun memastikan setiap tahapan, termasuk pada pleno rekapitulasi dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam petunjuk teknis pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

"Jadi pun dalam perjalanannya nanti ada penyampaian keberatan dari para saksi atau perwakilan parpol atau pihak lain, tetap dipersilahkan sesuai dengan mekanisme dan aturan yang ada," katanya.

Baca juga: GPM mampu intervensi komoditas penyumbang inflasi di Kalteng

Dia berharap rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan perolehan suara tingkat Provinsi Kalteng bisa berjalan aman, lancar dan kondusif.

"Kita berharap rapat ini bisa berjalan dengan cepat, lancar aman dan nyaman," kata Sastriadi.

Ketua Bawaslu Kalteng, Satriadi pun mengapresiasi pelaksanaan Pemilu 2024 yang sejak tahap awal pelaksanaan sampai rapat pleno terbuka berjalan lancar dan kondusif.

"Baik penyelenggara, pihak-pihak terkait dan masyarakat berhasil menciptakan suasana Pemilu 2024 yang kondusif, aman dan lancar. Jika pun ada kekurangan harus menjadi evaluasi pada pelaksanaan Pilkada mendatang," katanya.

Turut mengikuti proses rapat pleno diantaranya para Komisioner KPU Provinsi Kalteng, komisioner KPU kabupaten kota, para saksi peserta pemilu, Komisioner Bawaslu Kalteng.

Sementara itu, pantauan di lapangan, pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilu Serentak 2024 yang digelar di salah satu hotel ini dijaga ketat aparat kepolisian.

Baca juga: Pemprov Kalteng jadikan aspirasi masyarakat referensi utama tentukan kebijakan

Baca juga: Pemprov Kalteng selenggarakan 'best practice' optimalkan LPj Pj kepala daerah

Baca juga: Jelang Ramadhan, Pemprov Kalteng sediakan puluhan kilo ayam untuk masyarakat