Penjabat Bupati Bartim lepas keberangkatan calon haji menuju tanah suci

id pemkab bartim, jch, calon haji, barito timur, tamiang layang, tanah suci mekkah

Penjabat Bupati Bartim lepas keberangkatan calon haji menuju tanah suci

Penjabat Bupati Barito Timur, Indra Gunawan didampingi FKPD, Sekda Barito Timur Panahan Moetar dan Kemenag Ahmadi melepas keberangkatan jamaah calon haji di GPU Mantawara Tamiang Layang, Kamis (16/5/2024). (ANTARA/HO-Diskominfo PS Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) -
Penjabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah Indra Gunawan melepas keberangkatan jamaah calon haji (JCH) menuju ke tanah suci Mekkah.
 
“Tingkatkan rasa kebersamaan, persaudaraan, kekompakan dan kekeluargaan, saling bantu-membantu baik antar sesama anggota regu, rombongan bahkan terhadap seluruh jamaah haji,” kata Indra Gunawan di Tamiang Layang, Kamis.
 
Dalam pelaksanaan ibadah haji di Mekkah, dia mengatakan, akan ada jutaan umat Islam yang datang dari berbagai negara, sehingga diperlukan rasa kebersamaan, persaudaraan, kekompakan kekeluargaan, dan saling membantu.
 
“Selain itu, selama 40 hari di tanah suci juga perlu meningkatkan kestabilan emosi, jaga kondisi kesabaran, dan kesehatan karena dengan berkumpulnya berjuta-juta orang yang berlainan karakter, watak dan kultur budaya dapat menimbulkan pengaruh terhadap kejiwaan jamaah haji itu sendiri,” terangnya.
 
Indra pun mendoakan para calon haji semoga selamat menjalankan ibadah haji dan selalu diberikan kesehatan, keselamatan, serta kemudahan.
 
“Pulang dengan sehat dan membawa predikat haji yang mabrur dan mabrurah," harapnya.

Baca juga: Penjabat Bupati Bartim minta KONI identifikasi permasalahan disertai pembenahan
 
Kepala Kantor Kementerian Agama Barito Timur, Ahmadi menjelaskan jumlah JCH yang berangkat pada 2024 ini sebanyak 116 orang, terdiri dari 65 laki-laki dan 51 perempuan.
 
JCH dari Kabupaten Barito Timur diberangkatkan dengan Kelompok Penerbangan (Kloter) 5 yang tergabung dengan jamaah dari Kabupaten Kapuas dan Kotawaringin Barat
 
Calon haji Barito Timur akan masuk asrama haji embarkasi Kalimantan Selatan sekitar pukul 21.30 WITA atau sekitar pukul 20.30 WIB. Dan diberangkatkan ke Bandara King Abdul Aziz, Madinah pada Sabtu (18/5) sekitar pukul 02.10 WITA atau 01.10 WIB.
 
“Untuk kembali ke Indonesia diperkirakan akan tiba pada Sabtu (29/6) mendatang," tuturnya.

Baca juga: Anggota DPRD Bartim daftar ke PDIP jadi bacalon Wabup Barsel

Baca juga: Penjabat Bupati Bartim berharap GKII bermanfaat lebih optimal

Baca juga: Korban tugboat terbakar dirujuk ke Banjarmasin