Legislator Palangka Raya ingatkan pentingnya retribusi dalam pembangunan daerah

id Legislator Palangka Raya ingatkan pentingnya retribusi dalam pembangunan daerah, kalteng, Palangka Raya, dprd Palangka raya

Legislator Palangka Raya ingatkan pentingnya retribusi dalam pembangunan daerah

Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Subandi. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kota Palangka Raya.

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Subandi mengingatkan pemerintah kota setempat terkait pentingnya mendorong percepatan realisasi retribusi di triwulan kedua.

"Retribusi ini sangat penting dalam mendorong pembangunan daerah di Kota Palangka Raya," katanya, Senin.

Dia menjelaskan, pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik memerlukan dana yang signifikan dan retribusi merupakan salah satu sumber pendanaan yang vital.

Melalui pembayaran retribusi yang tepat waktu dan benar, Pemerintah Kota Palangka Raya dapat memastikan kelancaran pembangunan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.

"Jadi sektor retribusi ini sangat memiliki peran strategis dalam membiayai proyek-proyek infrastruktur dan layanan publik di daerah ini," ucapnya.

Baca juga: Disdik Palangka Raya: Waspadai bahaya judi online merebak ke pelajar

Selain mendorong percepatan realisasi sektor retribusi, pihaknya juga meminta agar Pemerintah Kota Palangka Raya dapat mengelola sektor retribusi secara transparan dan akuntabel.

Dia mencontohkan, harus ada pengawasan yang intens dalam proses pemungutan retribusi agar mencegah potensi terjadinya penyimpangan.

"Karena retribusi merupakan uang masyarakat yang digunakan untuk memberikan fasilitas terbaik bagi masyarakat," ujarnya.

Dia juga meminta agar masyarakat meningkatkan kesadaran dalam membayar retribusi sehingga pembangunan di Kota Palangka Raya dapat terus berkembang.

"Misalnya ada suatu usaha yang membayar sendiri retribusi parkirnya. Itu harus dibayarkan sesuai tempo, jangan sampai terlambat. Maka akan menghambat pembangunan," demikian Subandi.

Baca juga: Swiss-Belhotel Danum Palangkaraya gelar aksi sosial rayakan HUT ke-12

Baca juga: Anggota DPR RI: Kemajuan pembangunan infrastruktur Kalteng hasil kerja keras bersama

Baca juga: PLN sukses kawal kelistrikan tanpa kedip selama KTT WWF Ke-10 di Bali