Agustiar Sabran: Jaga kamtibmas Kalteng jelang Pilkada serentak 2024

id Agustiar Sabran ,Palangka Raya,Kalteng,Kamtibmas ,Ketua DAD Kalteng,Pilkada serentak 2024

Agustiar Sabran: Jaga kamtibmas Kalteng jelang Pilkada serentak 2024

Anggota DPR RI Agustiar Sabran. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Kalimantan Tengah, Agustiar Sabran mengajak seluruh masyarakat seluruh provinsi setempat untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Menurut Agustiar, kondisi kamtibmas yang stabil sangatlah penting dalam memastikan kelancaran proses demokrasi, terutama dalam konteks pelaksanaan pilkada serentak.

"Kamtibmas adalah fondasi utama bagi terwujudnya suasana yang kondusif, di mana segala aspek kehidupan sosial dan ekonomi dapat berjalan dengan lancar," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Baca juga: Anggota DPR RI: Jaga kamtibmas di Kalteng jelang Pilkada 2024

Kakak kandung Gubernur Kalteng Sugianto Sabran itu juga menegaskan, bahwa ketidakstabilan di tingkat lokal dapat berdampak serius terhadap roda perekonomian dan pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

Maka dari itu, partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat dalam menjaga kamtibmas merupakan tanggung jawab bersama yang harus diemban dengan baik.

"Pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dapat tercapai apabila kondisi keamanan dan ketertiban terjaga dengan baik. Oleh karena itu, mari kita jaga keamanan dan ketertiban bersama-sama demi masa depan yang lebih baik bagi Kalteng," ucapnya.

Baca juga: Anggota DPR RI: Kemajuan pembangunan infrastruktur Kalteng hasil kerja keras bersama

Agustiar Sabran yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng menambahkan, sebagai bentuk dukungan dan ajakan kepada masyarakat di provinsi setempat untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif, menjelang pelaksanaan pilkada serentak di tahun ini.

"Semangat menjaga kamtibmas ini diharapkan akan menjadi landasan kuat bagi terwujudnya proses demokrasi yang berkualitas di tingkat lokal," demikian Agustiar Sabran.

Sementara itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di 37 Provinsi di Indonesia.

Baca juga: Legislator asal Kalteng apresiasi pengungkapan kasus narkoba seberat 33 kg

Pilkada serentak 2024 diikuti 37 dari 38 provinsi, karena Daerah Istimewa Yogyakarta(DIY) tidak melakukan pilkada langsung.

Kemudian, dari 514 kabupaten/kota, hanya 508 kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2024. Sebab, ada 6 kabupaten/kota administratif di DKI Jakarta yang tidak ada pilkada langsung. Pemungutan suara Pilkada serentak 2024 akan dilakukan pada Rabu, 27 November 2024.

Baca juga: Anggota DPR RI dukung penegakan hukum dalam kasus santri membunuh ustadzah

Baca juga: Anggota DPR apresiasi program beasiswa Pemprov Kalteng

Baca juga: Anggota DPR RI: Waspadai berita hoaks jelang Pilkada serentak 2024

Baca juga: DPR RI: Waspadai sejak dini bahaya karhutla di Kalteng