Anggota DPRD Barut: Pendidikan kunci keberhasilan suatu bangsa

id karianto saman,anggota dprd,ketua komisi 2,dprd,pendidikan,ppdb,barut,barito utara,kalteng

Anggota DPRD Barut: Pendidikan kunci keberhasilan suatu bangsa

Anggota DPRD Barito Utara Karianto Saman.ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Anggota DPRD Barito Utara Karianto Saman mengatakan bahwa pendidikan merupakan kunci keberhasilan suatu bangsa, sehingga harus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah ini.

Hal itu dikatakan anggota DPRD Barito Utara ini menanggapi pelaksanaan komitmen dukungan penyelenggaraan penerimaan peserta didik baru (PPDB) Kabupaten Barito Utara 2024.

Menurut dia komitmen tersebut dalam mencapai visi dan misi Kabupaten Barito Utara dan sebagai daerah yang memiliki SDM yang berkualitas. 

"Dengan adanya komitmen tersebut, kita menegaskan dan menjamin bahwa PPDB di Barito Utara berjalan dengan objektif, transparan, akuntabel, non-diskriminatif dan berkeadilan," kata Ketua Komisi II DPRD setempat ini.

Ini juga, katanya, dalam rangka mendorong peningkatan akses layanan pendidikan, karena pendidikan merupakan prioritas utama bagi Pemkab Barito Utara dalam membangun daerah yang lebih baik.

Karianto mengatakan saat ini masih banyak tantangan yang harus dihadapi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini, namun dengan adanya komitmen yang kuat dan kerja sama yang baik dari semua pihak, kita yakin tujuan tersebut dapat tercapai.

Ia juga mengatakan harus berkomitmen untuk memberikan akses pendidikan yang objektif, transparan, akuntabel, non-diskriminatif, dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat di daerah ini.  

“Setiap anak memiliki potensi yang berbeda-beda, oleh karena itu kita harus berusaha untuk memberikan kesempatan yang sama bagi setiap anak untuk mendapatkan pendidikan yang layak,” ucapnya. 

Dia menyatakan semua juga berkomitmen untuk terus meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, termasuk pembangunan gedung sekolah yang baru dan perbaikan yang dilakukan secara berkala.

“Diharapkan dengan adanya penandatanganan komitmen dukungan pelaksanaan PPDB tahun 2024 di daerah menjadi salah satu indikator untuk mewujudkan pemerataan akses pendidikan bagi seluruh peserta didik dan menciptakan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter,” kata Karianto. 

Ia juga mengharapkan Kabupaten Barito Utara nantinya mampu menjadi penyumbang SDM yang berkualitas untuk menyongsong Indonesia Emas 2045. 

“Penandatanganan komitmen yang dilaksanakan tersebut bukanlah akhir dari perjuangan, namun ini adalah awal dari perjalanan panjang Pemkab Barito Utara, DPRD dan unsur-unsur lainnya di daerah ini untuk mencapai tujuan bersama yaitu meningkatkan kualitas pendidikan,” kata Karianto Saman.