Bupati Kotim resmikan nama Bumi Perkemahan Pramuka Wahyudi K Anwar

id pemkab kotim, bumi perkemahan wahyudi k anwar, buper pramuka, bupati kotim halikinnor, ujung pandaran, sampit

Bupati Kotim resmikan nama Bumi Perkemahan Pramuka Wahyudi K Anwar

Bupati Kotim Halikinnor berfoto bersama Wahyudi K Anwar pada pembukaan Kemah Bakti ELY Kotim 2024, Sabtu (27/7/2024). (ANTARA/Devita Maulina)

Sampit (ANTARA) -
Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Halikinnor meresmikan penggantian nama Bumi Perkemahan Pramuka Desa Ujung Pandaran menjadi Bumi Perkemahan Pramuka Wahyudi K Anwar. 
 
“Hal ini sebagai bentuk apresiasi dan mengingat komitmen beliau dalam pengembangan kepramukaan, sehingga kami sepakat bersama kwartir cabang (kwarcab) mengabadikan nama beliau sebagai nama bumi perkemahan ini,” kata Halikinnor di Desa Ujung Pandaran, Sabtu. 
 
Hal ini ia sampaikan usai membuka secara resmi Kemah Bakti Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif (ELY) Kotim 2024 di bumi perkemahan pramuka di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit. 
 
Halikinnor menyampaikan, penggantian nama ini merupakan usulan keluarga besar Gerakan Pramuka se-Kotim, sehingga ia selaku Bupati sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kotim meresmikan nama Bumi Perkemahan Pramuka Wahyudi K Anwar.
 
Usulan ini tentunya bukan tanpa alasan, melainkan sebagai bentuk apresiasi kepada Wahyudi K Anwar yang dinilai banyak berjasa pada kepramukaan di Kotim.
 
Sejak masa kepemimpinan Wahyudi K Anwar sebagai Bupati Kotim pada periode 2000-2005 dan 2005-2010, Kotim berhasil meraih penghargaan Kwarcab Pramuka Tergiat se-Kalimantan Tengah sebanyak sembilan kali berturut-turut. Kendati dalam enam tahun terakhir penghargaan tersebut telah ditiadakan lantaran selalu didominasi oleh Kotim. 
 
“Kami sudah usulkan agar penilaian Kwarcab Pramuka Tergiat tersebut diadakan lagi, supaya kegiatan pramuka di kabupaten/kota Kalimantan Tengah mendapat kebangkitan kembali,” ucapnya. 
 
Selain itu, Wahyudi K Anwar merupakan penggagas awal Bumi Perkemahan Pramuka di Desa Ujung Pandaran, sehingga semua pihak sepakat mengabadikan namanya sebagai nama bumi perkemahan tersebut dengan harapan dapat dikenang sepanjang masa. 

Baca juga: Diikuti 1.500 peserta, Kemah ELY Kotim ajang perkuat harmonisasi pemerintah daerah
 
Seiring dengan peresmian tersebut raut wajah bahagia tampak menghiasi wajah Wahyudi K Anwar yang turut hadir dalam pembukaan Kemah Bakti ELY Kotim 2024. 
 
Pria yang segera menginjak usia 73 tahun pada 18 Agustus 2024 ini juga menerima cenderamata berupa lukisan besar dari pemerintah daerah sebagai penghargaan bagi tokoh-tokoh yang berjasa pada kepramukaan di Kotim.
 
Selain Wahyudi K Anwar ada dua tokoh lain yang mendapat cinderamata tersebut, yakni Supian Hadi selaku Bupati Kotim periode 2010-2015 dan 2016-2021, kemudian Halikinnor selaku Bupati Kotim periode 2021-2024.
 
Meski tak banyak berkata, Wahyudi K Anwar turut mendoakan yang terbaik bagi Kotim, khususnya Gerakan Pramuka agar terus maju dan unggul bukan hanya di tingkat provinsi tapi harapannya sampai tingkat nasional.

Baca juga: PBS di Kotim diminta tingkatkan bantuan untuk dunia pendidikan

Baca juga: Bupati Kotim beri motivasi warga desa prioritaskan pendidikan

Baca juga: Pemkab Kotim evaluasi program pengentasan kemiskinan ekstrem