KPU Katingan pertama selesaikan coklit pilkada di Kalteng

id KPU Katingan pertama selesaikan coklitpilkada di Kalteng, katingan, pilkada, politik

KPU Katingan pertama selesaikan coklit pilkada di Kalteng

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Katingan Wahyuni. ANTARA/Naslee

Kasongan (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyelesaikan tahapan pencocokan dan penelitian pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kalimantan Tengah (Kalteng) Serentak 2024.

"KPU Kabupaten Katingan adalah yang paling pertama menyelesaikan proses pencocokan dan penelitian data pemilih Pilkada di Kalimantan Tengah di tanggal 13 Juli 2024," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Katingan Wahyuni di Kasongan, kemarin.

Dia mengatakan di KPU ada 469 Petugas Pemutakhiran Data Pemilihan (Pantarlih) bekerja sekitar kurang lebih 1 bulan, mulai tanggal 24 Juni 2024 sampai dengan 25 Juli 2024.

Terkhusus dalam tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih dari minggu terakhir kemarin tanggal 13 Juli 2024, petugas Pantarlih sudah merampungkan 100 persen pekerjaan mereka di lapangan.

"Jadi sekitar tiga minggu kemarin mereka sudah selesai mendatangi semua pemilih yang terdaftar di daftar pemilih potensial sekitar 125 ribu. Tugas itu sudah selesai didatangi," ucapnya.

Baca juga: Penjabat Bupati Katingan ingin FSQ sarana tingkatkan kemampuan seni qasidah

Untuk tahap selanjutnya hasil tersebut akan dibawa ke tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta dirapatkan pada Pleno Kabupaten.

"Kita bersyukur dan bangga dengan kinerja pantarlih di Kabupaten Katingan. Mereka sangat antusias dalam melaksanakan tugas sehingga perlu kita berikan apresiasi. Karena dalam waktu yang sangat singkat merek berhasil menuntaskan kinerja sebagai pantarlih," ungkapnya.

Untuk kedepannya, Ketua KPU berharap kepada para pemilih yang mungkin belum masuk di data ADP yang mereka datangi, itu bisa mendatangi pihak PPS.

"Jika prediksi saya, hampir nol sekian persen saja. Karena data ADP yang diterima dari KPU RI itu semuanya sudah didatangi oleh Pantarlih," kata Wahyuni.

Baca juga: Pemkab Katingan laksanakan Pawai Ta'aruf FSQ gemakan syiar Islam

Baca juga: BPJS Kesehatan-Kejari Katingan kerja sama tingkatkan kepatuhan pengusaha

Baca juga: Wagub Kalteng minta Pemkab Katingan tingkatkan pembangunan berkelanjutan